Cek Kesehatan Yang Wajib Anda Lakukan Setelah Lebaran
Health

Cek Kesehatan Yang Wajib Anda Lakukan Setelah Lebaran

21 June 2021 - 3 menit membaca

Opor ayam, semur daging, dan lainnya merupakan jenis makanan bersantan yang biasa disajikan selama Idul Fitri. Meski termasuk dalam kategori makanan bernutrisi, namun di dalamnya terdapat kandungan kolesterol, lemak, dan garam yang bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Tidak mengherankan jika Anda menemukan banyak orang yang menderita masalah kesehatan, seperti asam urat, kolesterol naik, masalah pencernaan dan lainnya. Untuk mencegah itu semua, berikut pemeriksaan kesehatan yang wajib Anda lakukan setelah lebaran.

Cek Gula Darah

Pengecekan gula darah (kadar glukosa) merupakan salah satu pemeriksaan yang wajib dilakukan setelah Lebaran. Tentu saja ini bertujuan untuk memastikan kadar gula darah Anda masih dalam ambang batas normal, sekaligus mencegah terjadinya diabetes. 

Sementara bagi pengidap diabetes, pemeriksaan ini sangat penting untuk mengendalikan dan mencegah terjadinya komplikasi akibat kenaikan kadar gula darah yang tidak terkendali.

Untuk melakukan cek gula darah, Anda bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan alat cek gula darah mandiri. Namun jika ingin mendapat informasi yang lebih banyak dan aurat, sekaligus mendapatkan resep yang dibutuhkan, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Bagaimana jika hasilnya menunjukkan kadar gula darah Anda tinggi? Solusinya, segera kendalikan dengan obat penurun gula darah. Anda pun disarankan melakukan upaya pencegahan dengan membatasi makanan mengandung gula tinggi, seperti kue, ketupat, dan lainnya.

Jangan lupa untuk menjalankan gaya hidup sehat, seperti berolahraga, memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran hijau, istirahat yang cukup, dan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

Cek Kolesterol

Selain mengandung santan dan garam tinggi, sajian Lebaran sangat akrab dengan berbagai olahan daging yang kaya akan lemak. Ini belum termasuk beberapa gorengan yang tinggi lemak, dan berpotensi menyebabkan kadar kolesterol dalam darah Anda melonjak tinggi.

Seperti kita ketahui, kolesterol yang baik tanpa kendali merupakan penyebab utama masalah kesehatan yang cukup serius, seperti penyakit jantung, dan stroke.  

Menurut American Heart Association, setelah seseorang berusaha 20 tahun, setiap satu tahun sekali Anda disarankan untuk mengecek kadar kolesterol darah. Namun jika kadar kolesterol Anda lebih dari 200 mg/dL, kegiatan ini sebaiknya dilakukan setiap 3 bulan sekali. 

Namun khusus setelah Lebaran, cek kolesterol wajib dilakukan sebagai upaya pencegahan dini. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang sulit mengendalikan diri hingga akhirnya tanpa sadar banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol dan lemak tinggi.

Sebagai upaya pencegahan, sekaligus menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan melakukan upaya pencegahan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran hijau dan buah-buahan, olahraga secara teratur, dan konsumsi obat-obatan sesuai resep dokter.

Cek Asam Urat

Pada dasarnya, asam urat secara alami terbentuk dari dalam tubuh sebagai reaksi dari penguraian zat purin yang diperoleh dari makanan atau minuman. Namun jika produksinya sudah berlebihan, tentu asam urat ini bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

Sementara selama Idul Fitri Anda akan disuguhi dengan berbagai jenis makanan yang berpotensi menyebabkan asam urat. Ini belum termasuk gaya hidup yang buruk, yang bisa memperparah kondisi asam urat Anda. 

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, cek asam urat jadi hal yang wajib dilakukan setelah lebaran. Pengecekan asam urat ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan tes asam urat dalam urine, dan tes asam urat dalam darah.

Untuk tes asam urat dalam urine, ini dilakukan dengan cara mengetahui seberapa banyak kandungan asam urat yang dibuang ginjal lewat urine. Selain itu, tes ini pun berfungsi untuk mengetahui risiko pembentukan kristal atau batu ginjal, akibat dari produk asam urat yang tinggi. 

Sementara untuk tes dengan menggunakan darah, umumnya ini dilakukan di laboratorium dan punya akurasi yang cukup tinggi. Terlepas dari semua itu, keduanya bisa diandalkan untuk memastikan apakah Anda punya masalah asam urat atau tidak.

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2021. What is a Uric Acid Blood Test?

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cholesterol Test.

Healthline. Diakses pada 2021. Blood Sugar Test.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya