cara menurunkan asam lambung
Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

02 August 2019 - 3 menit membaca

Saat asam lambung naik, area sekitar dada dan kerongkongan biasanya terasa panas seperti terbakar. Kondisi ini tak boleh dibiarkan terlalu lama karena sangat membuat tidak nyaman. Oleh karenanya, segera cari cara menurunkan asam lambung agar Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasa tanpa terganggu perut perih.

Pilihan Cara Menurunkan Asam Lambung

Refluks asam lambung alias naiknya asam klorida dari lambung ke kerongkongan tentu sangat mengganggu. Kabar baiknya, ada beberapa cara menurunkan asam lambung yang bisa Anda coba sendiri di rumah, yaitu:

1. Makan Sedikit-sedikit Tapi Sering

Jika Anda terbiasa makan 3 kali sehari dengan porsi besar, coba ubah kebiasaan ini. Saat asam lambung sedang tinggi, sebaiknya Anda makan lebih sering dengan porsi yang kecil.

Ini karena ketika Anda makan banyak, maka makanan yang perlu dicerna lambung pun semakin banyak. Hal ini biasanya memicu asam lambung untuk terus meningkat.

Selain itu, jangan makan terlalu cepat. Pasalnya, makan terlalu cepat bisa meningkatkan produksi asam lambung. Nikmati makanan Anda dengan mengunyahnya secara perlahan.

Suap lagi hanya ketika makanan yang ada di mulut sudah dikunyah sempurna dan ditelan. Meski sederhana, cara ini membantu menurunkan asam lambung dan gejala yang menyertainya.

2. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan 

Penting untuk diingat, jangan langsung berbaring atau tidur setelah Anda selesai makan. Usahakan agar Anda tetap berdiri atau duduk tegak sehabis makan. Hal ini dilakukan untuk menjaga cairan asam tetap berada di dasar lambung dan tidak naik ke kerongkongan.

Oleh sebab itu, jangan makan terlalu malam saat Anda mau tidur. Makanlah 2 sampai 3 jam sebelum tidur agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan Anda saat berbaring.

Hal ini juga berlaku untuk Anda yang sering tidur siang. Meski mata terasa berat setelah perut terisi penuh, jangan langsung berbaring apalagi tidur.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai