Cara Atasi Asam Lambung Naik
Ahlinya Lambung

Cara Mengatasi Serta Mengobati Asam Lambung Naik Dengan Cepat dan Alami

17 February 2021 - 3 menit membaca

Asam lambung naik memang kerap menjadi keluhan yang jamak dikeluhkan oleh hampir semua orang. Gejalanya pun bervariasi, ada yang ringan namun juga tidak sedikit yang cukup berat tergantung dari kondisi fisik masing-masing. Naiknya asam lambung sebenarnya adalah kondisi yang tidak terlalu berbahaya dan umum terjadi. Mungkin Anda pernah berpikir jika asam lambung naik hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Padahal kenyataannya tidak demikian.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami kondisi tersebut dalam tingkatan yang berbeda. Namun jangan terus dibiarkan terjadi, kondisi ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Hal ini terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke saluran yang menghubungkan mulut dan lambung (kerongkongan). Aliran balik ini (refluks asam) dapat mengiritasi lapisan esofagus. 

Ciri Asam Lambung Naik

Asam lambung naik umumnya ditandai dengan kondisi nyeri dada, yang dengan sensasi panas atau heartburn. Kondisi ini umumnya terjadi setelah Anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan kafein yang tinggi, makan terburu-buru hingga makanan tidak dikunyah dengan maksimal.  Selain itu, kondisi tersebut bisa dialami setelah Anda mengkonsumsi makanan pedas, berlemak, atau langsung tidur setelah makan.

Asam lambung yang naik bisa juga ditandai dengan beberapa kondisi, seperti sensasi rasa asam di mulut, lebih sering bersendawa, mual dan muntah, sakit tenggorokan atau sensasi terbakar di tenggorokan, bau mulut, produksi air liur yang banyak hingga batuk tidak berdahak.

Menurut American Academy of Allergy Asthma and Immunology, jika hanya terjadi 1-2 kali dalam dalam sebulan, kondisi di atas bisa dikatakan wajar. Namun jika sampai rutin terjadi, menimbulkan rasa nyeri di rahang, sesak nafas, hingga muntah bercampur darah, sebaiknya segera hubungi dokter.


Berikut adalah ciri-ciri yang umumnya terjadi:

- Perasaan terbakar pada bagian dada , biasanya setelah makan, yang mungkin lebih buruk di malam hari

- Nyeri pada bagian dada

- Kesulitan pada saat menelan

- Regurgitasi makanan atau cairan asam yang mengakibatkan gejala seperti sesak napas dan nyeri dada

- Sensasi adanya benjolan di tenggorokan


Jika Anda mengalami refluks asam di malam hari, Anda mungkin juga mengalami:

- Batuk yang cukup intens

- Rasa sakit pada tenggorokan

- Sesak nafas

- Tidur terganggu

Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung naik bisa disebabkan karena banyak faktor, yang terbesar adalah karena faktor makanan dan cara makan yang salah. Namun selain itu, asam lambung naik pun bisa disebabkan karena beberapa faktor, termasuk obesitas, faktor usia dan kebiasaan merokok.  Selain itu, ibu hamil pun beresiko mengalami kondisi ini. Umumnya kondisi ini disebabkan karena perubahan hormon yang menyebabkan produksi asam lambung meningkat, dan melemahnya otot lambung yang menyebabkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan. 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology, stres dan gangguan kecemasan merupakan penyebab lain asam lambung naik. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena tiga faktor, diantaranya : 

  • Stres dan gangguan kecemasan menyebabkan tekanan di sfingter esofagus bagian bawah berkurang, sehingga asam lambung akan naik hingga ke kerongkongan.
  • Stres dan kecemasan berpengaruh besar kepada otot-otot di sekitar perut, yang membuat tekanan di organ ini meningkat tajam hingga akhirnya mendorong asam lambung naik.
  • Produksi asam lambung cenderung meningkat saat stres. Kondisi ini diperparah jika Anda mengalami gangguan emotional eating, obesitas, merokok dan konsumsi alkohol.
  • Faktor lainnya yang menyebabkan asam lambung naik adalah adanya penyakit serius seperti seperti gastroparesis, hingga scleroderma di tubuh Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter.

Cara Mengatasi Asam Lambung Dengan Herbal

Untuk mengatasi asam lambung naik, Anda bisa mengonsumsi bahan-bahan alami seperti ramuan jahe saat mulut terasa asam. Tapi ingat, jangan gunakan gula sebagai pemanisnya, mengingat gula akan membuat produksi asam semakin meningkat dan memperparah kondisi tersebut. 

Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsinya bersama madu atau kayu manis. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa konsumsi bahan-bahan herbal yang bersifat alami, seperti jahe merah, kunyit, peppermint, adas, akar manis, nanas, madu, dan royal jelly. 

Ramuan herbal ini telah terbukti mampu mengatasi berbagai macam gejala asam lambung naik, termasuk mampu mengatasi perut kembung, mual, masuk angin hingga begah. Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau bisa juga dicampur dengan air hangat.  

Referensi:

  1. Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gastritis - Diagnosis and treatment
  2. WebMD. Diakses pada 2020. Gastritis: Symptoms, Causes, Treatments, and More
  3. NCBI Bookshelf. Diakses pada 2020. Gastritis - StatPearls
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai