maag-saat-liburan
Ahlinya Lambung

Cara Mengatasi Sakit Maag Saat Liburan

24 June 2020 - 3 menit membaca

Saat berlibur, pastinya kita ingin mengumpulkan beragam pengalaman, salah satunya dengan wisata kuliner. Ibarat hal wajib saat liburan, pasti kita akan mencicipi beragam makanan unik dari asam, pedas, hingga manis. Hal ini bisa membuat maag kamu berisiko kambuh. Itu sebabnya penting bagi kamu mengetahui cara mengatasi sakit maag dengan tepat dan cepat agar liburan terselamatkan.

Penyebab sakit maag saat liburan

Sudah jadi hal yang umum pola makan jadi berubah saat berlibur. Tak hanya cita rasa, banyaknya varian makanan yang dicoba kadang membuat kita makan terlalu banyak. Padahal, lambung punya batasan dalam bekerja dan memproses makanan.

Sebelum mengetahui cara mengatasi sakit maag, ada baiknya kita ketahui dulu beberapa kebiasaan yang dapat memicu terjadinya kondisi ini ketika liburan.

1. Minum kopi

Salah satu penyebab sakit maag saat liburan adalah minum kopi. Bagi orang yang tergila-gila dengan kopi, tak lengkap rasanya jika berlibur tanpa mencicipi kopi daerah setempat. Namun, berlebihan minum kopi dapat memicu kenaikan asam lambung dan menyebabkan sakit maag, lho!

Di sisi lain, ada juga beberapa orang yang lambungnya justru sensitif terhadap kopi. Maka ketika mereka hanya minum kopi sedikit saja, sakit maagnya akan rentan kambuh.

Gejala maag yang timbul salah satunya adalah nyeri pada ulu hati atau perutnya jadi kembung. Bila sudah demikian, kamu perlu cari cara untuk mengatasi sakit maag.

2. Merokok

Para perokok aktif sangat mungkin mengalami heartburn yang merupakan gejala GERD (refluks asam lambung).

Pasalnya, zat-zat yang terdapat pada rokok dapat melemahkan otot sfingter esofagus, yaitu otot yang menghubungkan esofagus dan lambung. Otot ini bertugas mencegah makanan atau asam lambung balik kembali ke esofagus.

Ketika otot ini terganggu, fungsinya untuk mencegah makanan atau asam lambung naik kembali ke kerongkongan (esofagus) pun tidak dapat bekerja dengan baik.

3. Makanan pedas

Makanan pedas juga bisa memicu terjadinya sakit maag. Jika kamu pencinta makanan pedas dan tak bisa melewati hari tanpanya, tak perlu ditanya lagi apa penyebab sensasi heartburn atau nyeri ulu hati yang kamu rasakan. 

Cabai dalam makanan pedas mengandung zat yang bernama capsaicin. Zat tersebut dapat memperlambat kerja saluran cerna. Di samping itu, makanan pedas dapat memicu produksi asam lambung dan mengiritasi esofagus yang dapat memperburuk sakit maag. 

4. Makanan berlemak

Mungkin kamu banyak menemui makanan yang banyak mengandung lemak dan digoreng saat liburan. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat mencetuskan sensasi heartburn dan memicu sakit maag.

Makanan berlemak memiliki efek yang sama dengan rokok, yaitu melemahkan kerja otot sfingter esofagus dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Kalau sudah begini, kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengatasi sakit maag.

Cara mengatasi sakit maag saat liburan

Rasanya pasti tidak nyaman ketika waktu liburan tersita hanya karena merasakan nyeri perut, sakit pada ulu hati, heartburn, dan mual akibat sakit maag. 

Di sisi lain, agak sulit untuk memikirkan bahwa makanan yang kita konsumsi bisa menyebabkan sakit maag. Agar sakit maag tak terus menghantui saat liburan, beberapa cara berikut dapat membantu mengatasi sakit maag yang muncul saat liburan.

1. Minum obat sakit maag

Cara paling ampuh dan cepat dalam mengatasi sakit maag, tak lain adalah minum obat maag. Kamu bisa selalu sedia Promag Double Action untuk meredakan gejala maag yang muncul selama liburan.

Obat ini mengandung antasida ganda (calcium carbonate dan magnesium hydroxide) yang bekerja menetralkan asam lambung dan obat golongan H2-blocker (famotidine) yang mampu mengurangi produksi asam lambung.

Promag Double Action dapat bekerja cepat untuk mengatasi sakit maag dan menekan produksi asam lambung. Selain itu, obat ini juga memiliki efek kerja yang lebih panjang, sehingga kamu bisa menikmati liburanmu kembali.

2. Mengunyah permen karet

Selain dengan obat, kamu juga bisa mengunyah permen karet sebagai cara mengatasi sakit maag saat liburan. Namun, pastikan kamu mengunyah permen karet tanpa gula, ya!

Selain membuat kamu lebih rileks dan menikmati perjalanan, permen karet dapat mengurangi naiknya asam lambung. Dengan mengunyah permen karet, frekuensi menelan ludah kita jadi bertambah sehingga asam lambung dapat berkurang.

Psstt… Jangan mengunyah permen karet terlalu lama dan berlebihan juga, karena justru malah meyebabkan perut kembung.

3. Minum teh jahe

Cara alami selanjutnya untuk mengatasi sakit maag adalah minum teh jahe. Meskipun pedas, jahe mampu meredakan gejala asam lambung.

Kandungan antioksidan dalam jahe dapat mencegah terjadinya peradangan akibat sakit maag. Kamu bisa merasakan manfaat utama konsumsi jahe dalam meredakan gejala yang mengganggu, seperti mual dan muntah akibat sakit maag.


Referensi:

Fujiwara, Y., Kubo, M., Kohata, Y., Machida, H., Okazaki, H., & Yamagami, H. et al. (2011). Cigarette Smoking and its Association with Overlapping Gastroesophageal Reflux Disease, Functional Dyspepsia, or Irritable Bowel Syndrome. Internal Medicine, 50(21), 2443-2447. doi: 10.2169/internalmedicine.50.6012. Accessed on October 8th, 2019.

Azadbakht, L., & Khodarahm, M. (2016). Dietary fat intake and functional dyspepsia. Advanced Biomedical Research, 5(1), 76. doi: 10.4103/2277-9175.180988. Accessed on October 8th, 2019.

The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases Health Information Center. Smoking and the Digestive System. Accessed on October 8th, 2019.

7 surprising foods that cause heartburn. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-eating/advice/a26664/7-surprising-foods-that-cause-heartburn/. Accessed on October 8th, 2019.

11 Foods That Can Cause Heartburn. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-cause-heartburn#section1. Accessed on October 8th, 2019.

Histamine H2 Antagonist (Oral Route, Injection Route, Intravenous Route). https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/histamine-h2-antagonist-oral-route-injection-route-intravenous-route/proper-use/drg-20068584. Accessed on October 8th, 2019.

Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux? https://www.healthline.com/health/digestive-health/ginger-for-acid-reflux#research. Accessed on October 8th, 2019.

Can lemon water help with acid reflux? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322879.php. Accessed on October 8th, 2019.

Moazzez, R., Bartlett, D., & Anggiansah, A. (2005). The Effect of Chewing Sugar-free Gum on Gastro-esophageal Reflux. Journal Of Dental Research, 84(11), 1062-1065. doi: 10.1177/154405910508401118. Accessed on October 9th, 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai