cara mengatasi asam lambung naik
Ahlinya Lambung

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik di Tengah Kesibukan

10 September 2019 - 3 menit membaca

Sedang sibuk-sibuknya ngejar deadline pekerjaan di kantor, tiba-tiba ulu hati terasa sakit, ingin muntah, dan tenggorokan terasa terbakar? Hati-hati, ini mungkin pertanda asam lambung kamu sedang naik. Lantas, bagaimana cara mengatasi asam lambung naik?

Apa yang menyebabkan asam lambung naik?

Begini, asam lambung bisa naik karena otot di bagian bawah kerongkonganmu tidak tertutup rapat.

Normalnya, otot bawah kerongkongan akan terbuka saat kita makan atau minum, dan akan menutup dengan sendirinya setelah selesai. Otot kerongkongan yang lemah dapat terbuka sendiri meski kamu sedang tidak makan atau minum. Alhasil, cairan asam yang ada di lambung bisa naik ke kerongkongan.

Melemahnya otot penutup kerongkongan bukan terjadi tanpa sebab, lho! Ada sejumlah hal yang kadang kita tidak sadari dapat melemahkan otot kerongkongan dan memicu asam lambung naik. Berikut contohnya:

  • Makan makanan tertentu, seperti makanan pedas, berlemak, dan yang rasanya asam
  • Habis makan banyak kamu langsung rebahan santai
  • Kamu merokok dan sering minum minuman beralkohol
  • Kamu sedang stres dan banyak pikiran

Kamu memiliki kelebihan berat badan alias obesitas

Berbeda dengan lambung, kerongkongan kita tidak dilapisi oleh lendir pelindung. Maka saat cairan asam naik, kerongkongan kita bisa teriritasi dan terasa panas seperti terbakar.

Gejala yang bisa kamu alami umumnya adalah nyeri di ulu hati, ada rasa-rasa asam di mulut, perut jadi mulas, dan ingin muntah. Bahkan kalau sudah parah, dada bisa terasa panas seperti terbakar (heartburn). Apabila sudah begini, kamu harus mencari cara untuk mengatasi sekaligus mencegah asam lambung naik lagi.

 Lalu, bagaimana cara mengatasi asam lambung yang naik?


1. Minum obat

Ketika gejala asam lambung sudah mulai mengganggu keseharianmu, segera minum obat. Kamu bisa minum obat Promag Double Action tablet sebagai cara mengatasi asam lambung yang naik dengan cepat.

Promag  Double Action mengandung calcium carbonate dan magnesium hydroxide yang dapat menetralkan asam lambung. Sementara kandungan acid blockersnya (Famotidine) dapat mengurangi produksi asam lambung lebih lama dari obat biasa.

Promag Double Action bisa diminum 2 tablet per hari, misalnya 1 kali siang dan 1 kali di malam hari sebelum makan. Akan tetapi, kamu wajib baca cara pemakaian dan dosis yang tertera pada kemasan obat. Promag Double Action harus dikunyah dulu, baru ditelan dengan air. Obat ini tidak bisa dikunyah bersama makanan.


2. Jangan langsung tidur setelah makan

Rasanya hampir semua orang merasa ngantuk sehabis makan. Tak jarang, badan rasanya ingin rebahan sebentar saja sehabis makan siang. Nah, hal ini yang harus dihindari sebagai cara mengatasi asam lambung naik sehabis makan.

Menurut sebuah penelitian dari Walter Reed Army Medical Center, gejala asam lambung bisa langsung terasa saat kamu langsung tiduran dalam 3 jam sehabis menyantap makanan.

Saat badan dalam posisi telentang, isi dalam lambungmu akan bergerak mengikuti gaya gravitasi. Maka, makanan yang habis dicerna tadi akan lebih mudah mengalir balik ke kerongkongan. Inilah yang akan menyebabkan kamu merasa mulas, mau muntah, atau ada sensasi terbakar di perut atas. 


3. Makan sedikit-sedikit tapi sering

Asam lambung akan lebih gampang naik kalau kamu terbiasa makan dalam porsi besar, lho! Inilah mengapa banyak dokter dan ahli yang menyarankan pola makan porsi kecil namun sering sebagai cara mengatasi asam lambung naik.

Menurut penelitian tahun 2014 dari Polandia, satu sampai dua kali makan dengan porsi besar dalam sehari bisa memicu asam lambung naik. Jadi, sebaiknya kamu mulai membiasakan makan dalam porsi yang lebih kecil tapi lebih sering, misalnya 4-5 kali sehari.


4. Berhenti merokok dan minum alkohol

Cara lain untuk mengatasi asam lambung tinggi adalah berhenti merokok dan minum alkohol. Rokok dan alkohol membuat gejala asam lambung naik jadi rentan kambuh. Masalahnya, efek nikotin dari rokok yang setiap hari kamu isap bisa melemahkan otot kerongkongan bawah yang memisahkan dengan lambung.

Begitu pun dengan minuman beralkohol. Alkohol bisa meningkatkan produksi asam lambung dan ikut melemahkan kerja otot kerongkongan. Yuk, mulai berhenti melakukan kebiasaan buruk ini dari sekarang.


5. Jaga berat badan tetap ideal

Selain berbagai cara di atas, ada baiknya kamu berusaha menjaga berat badan tetap ideal agar gejala asam lambung naik tidak mudah kambuh.

Berat badan berlebih dapat menyebabkan tekanan besar di perut, khususnya lambung. Secara tidak langsung, tekanan ini bisa memaksa asam lambung naik menuju kerongkongan.

Maka itu, jaga berat badan ideal dengan berolahraga dan makan makanan sehat. Hindari makanan berlemak yang sulit dicerna dan lemak umumnya bisa memicu asam lambung kambuh. Sedangkan olahraga bisa menjadi cara mencegah dan mengatasi asam lambung naik dengan mengurangi stres serta menjaga badan tetap bugar.


References :


Piesman, M., Hwang, I., Maydonovitch, C., & Wong, R. K. H. (2007).

Nocturnal Reflux Episodes Following the Administration of a Standardized Meal.

The American Journal of Gastroenterology, 102(10), 2128–2134.  Diakses pada 29 Agustus 2019.

Jarosz, M., & Taraszewska, A. (2014).

Risk factors for gastroesophageal reflux disease: the role of diet.

Przeglad gastroenterologiczny, 9(5), 297–301. doi:10.5114/pg.2014.46166. Diakses pada 29 Agustus 2019.

10tipspreventrefluxdisease Diakses pada 29 Agustus 2019.

Gerd diagnosis treatment 9 Diakses pada 29 Agustus 2019.

Easy ways to rid yourself of acid reflux Diakses pada 29 Agustus 2019.

Lifestyle guard and treatment for GERD. Diakses pada 29 Agustus 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif