cara mencegah maag
Ahlinya Lambung

Cara Mencegah Maag Agar Tak Datang Lagi

10 September 2019 - 3 menit membaca

Orang yang punya sakit maag harus memperhatikan waktu makannya untuk mencegah gejalanya kambuh. Sayangnya, tak sedikit orang yang akhirnya memilih menunda makan karena berbagai kesibukan dan alasan. Akibatnya, Anda berisiko kena maag. Untuk mencegah sakit maag kambuh, ikuti beberapa cara berikut ini.

Cara mencegah sakit maag


Kecenderungan pola makan yang tidak teratur akan membuat kamu rentan mengalami kenaikan asam lambung. Naiknya asam lambung tentu akan membuat gejala maag muncul menyerang, seperti mual, nyeri perut, dan pusing menyerang. Kondisi itu tentu membuat Anda tidak nyaman.

Untuk itu, Anda harus melakukan cara-cara tertentu agar sakit maag yang Anda miliki tidak kembali. Semuanya sebenarnya dimulai dari diri kita sendiri dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan.

Berikut adalah cara mudah mencegah sakit maag datang kembali.

1. Kelola stres


Cara pertama untuk mencegah sakit maag adalah mengelola stres. Ada kalanya kamu berada di bawah rasa cemas dan memicu stres, apalagi jika pekerjaan atau tugas kuliah tidak habis-habis.

Stres merupakan salah satu penyebab sakit maag. Itu sebabnya kamu perlu mengelola stres supaya sakit maag tidak kambuh.

Sebuah studi menyebutkan bahwa rasa cemas punya dampak buruk pada sakit maag. Ketika kecemasan dan tekanan psikologis muncul, bisa memicu kontraksi kerja otot cincin esofagus pada bagian bawah. Akibatnya, asam lambung jadi naik.

Jangan lupa, lakukan hal yang kamu suka di sela-sela pekerjaan untuk membuat diri lebih rileks. Misalnya mendengarkan musik kesukaan, mengobrol bersama teman, melakukan yoga, istirahat cukup, dan kegiatan positif lainnya.

2. Jangan langsung tiduran setelah makan


Cara kedua untuk mencegah sakit maag datang kembali, hindari kebiasaan untuk langsung tidur setelah makan. Daripada tiduran, kamu bisa duduk tegak terlebih dulu untuk melancarkan kerja lambung mencerna makanan.

Berjalan mengitari ruangan atau ke taman juga bisa jadi pilihan yang baik. Sebaiknya, luangkan waktu 2-3 jam setelah makan sebelum tiduran.
Mengubah kebiasaan kecil ini bisa dibilang merupakan cara mencegah sakit maag yang paling sederhana dan dapat mencegah kenaikan asam lambung.

3. Makan teratur


Cobalah disiplin makan teratur tanpa menunda-nunda jam makan. Ini menjadi salah satu cara yang jitu untuk mencegah sakit maag kambuh kembali.

Makan teratur bisa mendukung sistem cerna untuk bekerja dengan baik. Lambung membutuhkan waktu 3-4 jam mengosongkan diri, tergantung jenis makanannya.

Bila lambung terlambat diisi 2-3 jam, memungkinkan produksi asam lambung meningkat dan menimbulkan rasa nyeri dalam perut.

4. Ngemil


Mengisi perut dengan camilan di sela-sela jam makan merupakan salah satu cara mencegah sakit maag. Tapi, ingat untuk tidak makan makanan yang berlemak, berminyak, pedas, dan asam.

Pilihlah camilan yang mengandung serat tinggi agar asam lambung tidak naik dan sistem pencernaan bekerja dengan baik. Pilihan makanan yang bisa kamu makan, antara lain buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Lebih baik kamu makan dalam porsi kecil tapi sering untuk menjaga supaya asam lambung tidak naik ke kerongkongan. Kamu juga bisa selalu menyediakan camilan di tas atau meja kerjamu untuk mencegah sakit maag.

5. Jaga berat badan


Menjaga berat badan tetap stabil juga dapat jadi salah satu cara untuk mencegah kamu dari sakit maag. Berat badan yang berlebih berkaitan erat dengan sakit maag, karena memberikan tekanan ekstra pada perutmu.

Kondisi ini tentu memudahkan makanan dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Agar berat badan tak berlebihan, aturlah pola makan kamu dengan baik. Jangan lupa juga untuk olahraga secara teratur, hindari stres, tidur cukup, dan tidak merokok. Namun, bila upaya tersebut tidak berhasil, kamu mungkin perlu berkonsultasi ke dokter gizi untuk melakukan diet sesuai dengan kondisi tubuhmu.

6. Tidak merokok


Ada banyak dampak positif yang akan kamu rasakan ketika berhenti merokok, seperti mengurangi risiko sakit kanker, menjaga jantung tetap sehat, bahkan mencegah sakit maag.

Rokok berhubungan dengan kenaikan asam lambung. Nikotin dalam tembakau dapat mengiritasi mukosa (lapisan dalam) lambung.

Rokok juga menghambat tubuh memproduksi zat yang mengontrol asam lambung. Supaya lambungmu aman sentosa dari serangan sakit maag, sebaiknya kamu berhenti merokok sekarang juga.

Agar tak terus dilanda kecemasan karena sakit maag, kamu juga bisa menyediakan obat maag, seperti Promag tablet dan cair di dalam tasmu. Formula Hydrotalcite, Magnesium Hydroxide, dan Simethicone bisa segera atasi gejala maag, seperti perut perih, nyeri ulu hati, mual, maupun kembung.

Reference :

Effects of Anxiety and Depression in Patients With Gastroesophageal Reflux Disease. https://www.cghjournal.org/article/S1542-3565(14)01742-X/pdf. Diakses 30 Agustus 2019.
What to know about indigestion or dyspepsia. https://www.medicalnewstoday.com/articles/163484.php. Diakses 3 September 2019.
Is There a Connection Between GERD and Anxiety? https://www.healthline.com/health/gerd-and-anxiety#possible-connection. Diakses 30 Agustus 2019.
16 Simple Ways to Relieve Stress and Anxiety. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety#section13. Diakses 30 Agustus 2019.
Can Your Prevent Gerd? https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/understanding-gerd-prevention#2. Diakses 30 Agustus 2019.
11 Meal Planning Tips to Prevent Heartburn. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/features/11-meal-planning-tips-prevent-heartburn#1. Diakses 30 Agustus 2019.
Why Tobacco Use May Make Heartburn Worse. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/features/heartburn-tobacco-connection#1. Diakses 30 Agustus 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai