obat-antasida
Ahlinya Lambung

Cara Kerja Obat Antasida

28 August 2019 - 3 menit membaca

Obat antasida merupakan salah satu jenis obat yang dipercaya dapat membantu mengurangi gejala maag. Supaya pemakaiannya tidak salah, simak dahulu ulasan mengenai cara kerja antasida di bawah ini.

Apa itu antasida?

Antasida merupakan jenis obat yang bertugas untuk menetralkan asam lambung. Kandungan aluminium, kalsium, magnesium, dan natrium pada antasida dipercaya ampuh untuk mengobati gejala maag dan penyakit GERD.
Gejala maag sering kali diakibatkan oleh naiknya asam lambung. Akibatnya, suasana lambung menjadi asam. Keempat senyawa dalam antasida tersebut bertindak sebagai alkali (basa) yang mampu menetralkan asam lambung. Dengan begitu pH di dalam asam lambung kembali seimbang.
Pada umumnya, antasida bisa diperoleh tanpa harus menggunakan resep dokter. Jenis antasida yang mudah didapatkan biasanya terdiri atas campuran aluminium dan magnesium hidroksida.
Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan cair. Tablet antasida memiliki daya kerja yang lebih lambat. Kemampuan untuk menetralkannya pun lebih rendah jika dibandingkan cairan antasida.

Fungsi obat antasida

Antasida berfungsi untuk mengobati gejala maag. Selain itu, obat antasida juga bisa dipakai untuk membantu mengatasi berbagai penyakit di bawah ini:

●        Gejala penyakit GERD berupa sakit pada ulu hati
●        Ulkus duodenum dan lambung
●        Penyakit gastritis
●        Konstipasi
●        Diare
●        Gangguan pada pankreas

Itu sebabnya, antasida kerap digunakan oleh dokter untuk mengobati penyakit yang memiliki gejala serupa dengan maag. 

Kandungan obat antasida

Sodium bikarbonat

Salah satu senyawa yang ada pada antasida adalah sodium bikarbonat. Sodium bikarbonat merupakan zat yang paling umum digunakan dalam obat-obatan. Senyawa ini berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi menimbulkan efek samping berupa sendawa.
Mengonsumsi bikarbonat dalam jumlah berlebihan akan membuat pH di dalam tubuh menjadi tidak normal. Biasanya, pasien diabetes mellitus atau gangguan ginjal, disarankan untuk menghindari antasida yang mengandung bikarbonat.

Magnesium hidroksida

Senyawa ini berinteraksi dengan asam lambung untuk menetralkan suasana di lambung. Selain itu, senyawa ini juga diketahui baik bagi sel manusia, termasuk jantung.
Efek samping dari obat antasida yang mengandung magnesium hidroksida adalah diare, mual dan muntah, hingga tingginya kadar magnesium dalam darah.

Aluminium hidroksida

Jika dibandingkan dengan magnesium hidroksida, aluminium hidroksida jauh lebih lemah kekuatannya sebagai obat antasida.
Alasan utama senyawa ini dipakai dalam obat antasida adalah menangkal efek samping berupa diare yang dihasilkan oleh magnesium hidroksida.
Bila dikonsumsi tanpa memerhatikan anjuran dosis, antasida yang mengandung aluminium hidroksida dapat menyerap zat fosfat yang ada di dalam tubuh. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Kalsium karbonat

Pada sebagian besar antasida, terdapat senyawa kalsium karbonat yang dinilai sangat ampuh dalam menetralkan asam lambung. Akan tetapi, penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping, seperti:

●        Fosfat dapat terikat dengan kalsium sehingga bisa mengurangi serum fosfat bila dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal
●        Peningkatan risiko darah tinggi dan batu ginjal akibat penyerapan kalsium yang berlebihan.

Oleh karena itu, penting untuk melihat aturan pakai dan dosis anjuran agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan kalsium karbonat.

Apakah antasida aman dikonsumsi?

Obat antasida sebenarnya aman dikonsumsi bila Anda memerhatikan aturan pakai dan dosis anjuran.
Walaupun demikian, antasida hanya berfungsi untuk meringankan gejala, bukan untuk mengatasi sumber masalah penyakit Anda. Bila Anda telah mengonsumsi antasida lebih dari dua minggu, sebaiknya konsultasikanlah ke dokter untuk mengetahui masalah utamanya dengan lebih pasti.
Selain itu, hindari memberikan obat antasida kepada anak yang masih berumur di bawah 6 tahun dan orang-orang yang mengalami kondisi medis tertentu, misalnya penyakit hati, ginjal, dan jantung.

Jenis obat antasida yang ampuh menyembuhkan maag

Salah satu jenis obat antasida yang sangat umum beredar di Indonesia adalah Promag. Promag tersedia dalam bentuk tablet dan cair.
Bagi Anda yang memiliki penyakit maag, Promag bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk meredakan gejala naiknya asam lambung. Formula hydrotalcite, magnesium hydroxide, dan simethicone pada obat antasida ini dapat bekerja lebih cepat dan tahan lama.
Pastikan Anda melihat aturan pakai dan dosis yang dianjurkan untuk memperoleh hasil yang maksimal.
 
 
References
Singh P, Terrell JM. Antacids. [Updated 2019 Jan 11]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2019 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK526049/ accessed July 15, 2019
Taking Antacids https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000198.htm accessed July 15, 2019
Antacids https://www.drugs.com/drug-class/antacids.html accessed July 15, 2019.
Antacids https://www.iffgd.org/diet-treatments/antacids.html accessed July 15, 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai