madu untuk asam lambung
Ahlinya Lambung

Cara Kerja Madu untuk Membantu Meredakan Asam Lambung

25 September 2020 - 3 menit membaca

Manisnya rasa madu yang nikmat terkadang membuat sebagian orang lupa bahwa kandungan dalam madu memiliki berbagai manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya, manfaat madu ternyata dipercaya untuk membantu mengatasi asam lambung, lho. Mari simak penjelasan bagaimana madu dapat memberikan dampak positif untuk saluran cerna.

Mengapa seseorang dapat mengalami ganggan pada lambung ini?

Menurut U.S. National Institutes of Health, asam lambung yang naik disebut juga dengan acid reflux atau GER (Gastroesophageal reflux) merupakan kondisi ketika isi dalam lambung kembali naik ke esofagus dan menyebabkan heartburn. Gejala utama dari asam lambung ini diartikan juga sebagai rasa panas atau terbakar di dada dan biasanya muncul setelah makan. 

Terkadang asam lambung naik sampai ke mulut sehingga Anda merasakan pahit atau asam. Naiknya asam lambung kembali ke esofagus terjadi akibat otot yang berfungsi menutup antara kerongkongan dan rongga lambung melemah atau tidak bekerja sebagaimana dengan mestinya.

Asam lambung memiliki sedikit perbedaan dengan GERD (Gastroesophageal reflux disease). GERD sendiri bentuk dari GER atau asam lambung yang naik dan lebih sulit disembuhkan serta lebih serius.

Cara mengatasi asam lambung bergantung dari tingkat keparahan dan berbeda-beda bagi setiap orang. Namun pada umumnya, perubahan gaya hidup, seperti pola dan kebiasaan makan, obat maag, hingga operasi mungkin dianjurkan dokter.

Khasiat madu untuk bantu redakan asam lambung  

Perubahan gaya hidup dibutuhkan agar asam lambung tidak kerap kembali datang menyerang setiap kali Anda makan. Namun, ketika asam lambung naik, Anda pasti ingin segera meredakannya apalagi jika kondisi ini terjadi di tengah aktivitas atau rutinitas harian.

Salah satu sumber makanan alami yang dapat mengatasi gangguan pada saluran cerna termasuk asam lambung adalah madu. 

Berdasarkan sebuah studi tahun 2017 mengenai kandungan dan manfaat kesehatan dari madu, propolis, dan royal jelly, madu dapat melindungi Anda dari gejala asam lambung. Madu bekerja dengan cara melapisi esofagus dan dinding lambung sehingga mencegah makanan dan cairan dalam lambung kembali naik.

Selanjutnya madu dapat menstimulasi atau merangsang jaringan otot yang berfungsi sebagai katup penutup untuk kembali bekerja sebagaimana mestinya. Kemudian mengurangi risiko asam lambung kembali terjadi.

Masih dalam studi yang sama, madu juga berdampak positif pada Anda yang memiliki kondisi pada lambung lainnya, seperti:

  • Maag atau dyspepsia

  • Gastritis (radang perut)

  • Sembelit

  • Diare

Manfaat dari madu ini berasal dari kandungan berbagai senyawa aktif. Berdasarkan Eufic.org, madu memiliki potensi sebagai antibakteri, antiradang, antioksidan. 

Dengan segudang manfaat dari madu bagi sistem pencernaan, Anda sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk rutin mengonsumsi madu. Tidak perlu berlebihan, sebaiknya konsumsi madu secukupnya. 

Apabila ingin lebih praktis dan dapat dibawa ke mana-mana, Anda dapat mengonsumsi Promag Herbal yang juga mengandung madu dan royal jelly. Promag Herbal diformulasikan khusus untuk membantu mengatasi sekaligus mencegah terjadinya masalah pada lambung seperti mual, muntah, perih ulu hati, kembung.

Selain Madu dan Royal Jelly, Promag Herbal juga mengandung kunyit, jahe merah, adas, ananas, akar manis dan daun mint yang berkhasiat meredakan gangguan lambung. Promag Herbal dapat dikonsumsi langsung dan dapat dicampur dengan air atau teh hangat.

Mencegah asam lambung dan mengurangi risikonya agar tidak kambuh

Seperti yang sempat disebutkan di atas, gaya hidup merupakan faktor utama penyebab asam lambung naik. Untuk mengurangi risikonya, Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic berikut ini:

  • Berhenti merokok

  • Menghindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur

  • Mengurangi atau berhenti mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu seperti makanan berlemak dan berminyak serta kafein dan alkohol

  • Berhenti mengonsumsi obat-obatan tertentu, contohnya aspirin

Beberapa kondisi kesehatan juga dapat memicu asam lambung, misalnya obesitas. Maka itu, Anda perlu melakukan upaya untuk menurunkan berat badan dengan mulai mengontrol makan dan meningkatkan latihan fisik atau olahraga.

Asam lambung merupakan kondisi yang dapat dialami oleh semua orang. Penyebab dan faktor utama dari gangguan ini adalah gaya hidup yang kurang terkendali.

Namun asam lambung masih termasuk kondisi yang dapat diatasi. Salah satunya dengan mengonsumsi madu, entah itu secara langsung atau yang terdapat dalam obat atau suplemen alami. Oleh karena itu, segera perbaiki kebiasaan sehari-hari Anda serta sedia Promag Herbal untuk berjaga-jaga dan bantu mencegah asam lambung.


Referensi:

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. (2019, January 16). Acid Reflux (GER & GERD) in Adults | NIDDK. Retrieved August 24, 2020, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/acid-reflux-ger-gerd-adults

Pasupuleti, V. R., Sammugam, L., Ramesh, N., & Gan, S. H. (2017). Honey, Propolis, and Royal Jelly: A Comprehensive Review of Their Biological Actions and Health Benefits. Retrieved August 24, 2020, from Oxidative Medicine and Cellular Longevity website: https://www.hindawi.com/journals/omcl/2017/1259510/

EUFIC. (2020, January). The Health Benefits of Honey and Its Nutritional Value: (EUFIC). Retrieved August 24, 2020, from https://www.eufic.org/en/healthy-living/article/the-health-benefits-of-honey-and-its-nutritional-value

Mayo Clinic. (2018). Gastroesophageal reflux disease (GERD) - Symptoms and causes. Retrieved August 24, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940

Artikel Terkait