Bukan Cuma Karena Maag, Ini Ragam Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati
Ahlinya Lambung

Bukan Cuma Karena Maag, Ini Ragam Penyebab Rasa Sakit di Ulu Hati

05 March 2021 - 3 menit membaca

Banyak orang yang langsung menuduh sakit maag saat dirinya merasakan sakit di ulu hati atau yang dalam istilah medis dikenal dengan nama epigastrium. Padahal, tidak selamanya rasa sakit di ulu hati tersebut disebabkan karena sakit maag. 

Nah agar tidak keliru dalam melakukan upaya penanganan, berikut merupakan beberapa kondisi yang ditandai dengan munculnya rasa sakit di ulu hati. 

Tukak lambung

Produksi asam lambung yang tidak terkendali akan mengiritasi lapisan dinding lambung, hingga usus halus. Jika terus dibiarkan, zat asam tersebut akan membuat lambung dan usus halus kecil terluka, hingga akhirnya menyebabkan terjadinya tukak lambung.

Selain karena iritasi zat asam di usus dan lambung, tukak lambung bisa juga disebabkan karena infeksi bakteri, penggunaan obat tertentu dalam jangka panjang, seperti ibuprofen, bisphosphonates, aspirin, ketoprofen, naproxen, suplemen kalium dan lainnya. 

Sakit di ulu hati yang disebabkan tukak lambung biasanya akan diiringi dengan beberapa gejala lainnya, seperti sakit di area pusar hingga dada, penurunan nafsu makan, muntah darah, mual, terdapat darah pada tinja, penurunan berat badan secara ekstrim dan lainnya. 

Rasa nyeri tersebut biasanya akan terasa lebih parah saat perut kosong atau ketika malam hari. Selain itu, gejala tukak lambung bisa muncul kembali dalam hitungan hari atau minggu.

Sindrom Iritasi Usus (Irritable Bowel Syndrome)

Sindrom iritasi usus merupakan kondisi yang cukup langka, namun patut Anda perhatikan. Selain rasa sakit di ulu hati, biasanya sindrom ini kerap menyerang dengan gejala perut kembung, perubahan frekuensi BAB, dan sering buang gas. Umumnya sindrom iritasi usus akan menyerang usus besar.

Sindrom iritasi usus disebabkan karena saat membawa makanan, dinding usus bergerak lebih kuat dan lama. Hingga penyebab pasti sindrom ini masih belum belum bisa dipastikan, tapi beberapa pakar kesehatan menyimpulkan jika sindrome sangat terkait dengan wanita di bawah usia 45 tahun. 

Selain itu, Anda yang memiliki riwayat sindrom iritasi usus, mengalami depresi, gangguan kecemasan, dan stress tinggi, sangat rentan dengan sindrome ini. 

Pankreatitis

Pankreatitis merupakan kondisi ketika pankreas, yakni organ dalam yang bertugas menghasilkan enzim pencernaan, sekaligus pengatur hormon serta memproses gula dalam tubuh, mengalami peradangan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya kebiasaan konsumsi minuman beralkohol.

Pankreatitis ditandai dengan munculnya rasa sakit di ulu hati, yang menjalar ke area punggung. Selain itu, kondisi ini pun ditandai dengan gejala muntah, terjadi perubahan warna kulit di sekitar pusar atau pinggang, rasa sakit parah setelah makan, dan perut kaku. 

Gejala lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah, penurunan berat badan yang ekstrim, bau tinja yang tidak biasa, dan sedikit berminyak. Untuk memastikan penyebab rasa sakit tersebut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Selain kondisi di atas, sakit di ulu hati bisa disebabkan karena kondisi lainnya, seperti kanker lambung, penyakit kantong empedu, preeklamsia dan lainnya.

Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati 

Karena gejalanya sangat mirip dengan sakit maag, seringkali penderita mengatasi dnegan obat maag seperti antasida,  dikonsumsi satu jam sebelum atau setelah makan, dan sebelum tidur. Selain itu, menghindari hal-hal yang dapat memicu masalah asam lambung, seperti konsumsi makanan pedas, berlemak, konsumsi minuman beralkohol, merokok dan lainnya dapat meringankan gejala yang terjadi.

Namun jika sakit di ulu hati masih terus terjadi dengan frekuensi yang lebih sering dan rasa sakit yang lebih intens, sebaiknya jangan tunggu lama. Segera periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 


Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. What’s Causing My Epigastric Pain and How Can I Find Relief?
  2. Fairview. Diakses pada 2021. Epigastric Pain (Uncertain Cause)
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai