Bukan Cuma Diare, Ini Macam-macam Gangguan Pencernaan Pada Manusia
Health

Bukan Cuma Diare, Ini Macam-macam Gangguan Pencernaan Pada Manusia

16 September 2021 - 3 menit membaca

Saat bicara tentang gangguan pencernaan, kebanyakan orang akan menyebut diare atau sembelit. Padahal lebih dari itu, karena organ pencernaan manusia cukup kompleks dan melibatkan banyak organ vital, maka penyakit yang masuk dalam kategori gangguan pencernaan pun cukup banyak.

Berikut merupakan macam-macam gangguan pencernaan pada manusia. Ada yang ringan, namun ada juga yang bisa berakibat fatal jika tidak diatasi dengan baik.


Sakit Maag

Sakit maag atau dikenal juga dengan istilah dispepsia, merupakan kondisi ketika lambung mengalami luka disebabkan karena iritasi asam lambung, atau infeksi bakteri Helicobacter pylori. Namun dalam kebanyakan kasus, sakit maag disebabkan karena infeksi bakteri.

Masalah ini ditandai dengan munculnya rasa tidak nyaman di perut, rasa mual, muntah, hingga sakit di ulu hati. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah pola makan dengan cara makan sedikit namun sering, mengunyah makanan hingga lembut dan jauhi makanan yang menyebabkan maag kambuh. 

Jangan lupa untuk mengkonsumsi obat antasida setelah atau sebelum makan, dan sebelum tidur, terapkan gaya hidup sehat dan jauhi stres. 


GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan kerongkongan akibat dari katup esofagus yang tidak menutup sempurna karena longgar atau melemah. Gejala GERD cukup mirip dengan sakit maag, dengan ciri khas utama heartburn.

Untuk mengatasinya, hindari makan dan minum secara berlebih, jauhi makanan berlemak, makanan pedas dan kafein, jauhi rokok, minuman keras dan kelola stres. Selain itu, Anda wajib menghindari kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan. 

Untuk mengatasi GERD pada dasarnya sama seperti maag, Anda bisa mengkonsumsi obat Antasida setelah atau sebelum makan. Dalam kondisi lebih parah, operasi katup esofagus terkadang diperlukan.


Diare

Diare merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Gangguan pencernaan ini biasanya muncul dengan gejala feses encer, dan dalam beberapa kasus diare bisa ditandai dengan mual, sakit perut, hingga terdapat bercak darah di feses. 

Ada banyak penyebab diare, mulai dari konsumsi makanan yang terkontaminasi parasit atau bakteri, konsumsi makanan pedas, intoleransi terhadap jenis makanan tertentu, efek samping prosedur operasi usus dan efek samping konsumsi obat-obatan dan lainnya. 

Untuk mengatasi diare Anda harus tahu penyebab utamanya. Namun secara umum diare bisa diatasi dengan konsumsi obat diare, dan banyak minum air putih. 


Sembelit

Sembelit merupakan kebalikan dari diare. Gangguan pencernaan ini terjadi ketika feses mengeras sehingga sulit dikeluarkan anus. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sembelit, mulai dari kurang konsumsi air putih, tidak cukup serat, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. 

Sembelit tidak boleh dibiarkan, masalah ini bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum atau wasir, penyumbatan pada usus hingga prolaps rektum atau kondisi ketika bagian dari usus besar justru berada atau keluar dari anus.

Untuk mengatasinya Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan berserat, cukup konsumsi air putih, dan terkadang konsumsi obat pencahar atau obat pengencer feses bisa jadi solusi.


Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome merupakan gangguan kronis yang terjadi di usus besar. Hingga kini belum diketahui penyebab utama dari gangguan pencernaan ini. Namun beberapa kondisi seperti kontraksi otot usus, infeksi berat dan perubahan bakteri di usus bisa meningkatkan resiko IBS.

IBS bisa ditandai dengan rasa nyeri yang hebat di sekitar perut, kram perut, sering mengalami diare atau sembelit, dan muncul lendir pada feses. Gejala tersebut bisa semakin parah saat Anda mengalami perubahan hormon, stres atau akibat dari konsumsi makanan tertentu.

Belum diketahui obat pasti dari IBS, namun secara umum dokter akan melakukan terapi dengan pemberian obat sesuai dengan gejala yang ditimbulkan.


Referensi:

  1. Healthgrades. Diakses pada 2021. 10 Common Digestive Disorders.
  2. Health Plus. Diakses pada 2021. 7 Common Digestive Problems You May Have.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya