Bukan Bumbu Biasa, Inilah Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan
Health

Bukan Bumbu Biasa, Inilah Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

15 September 2021 - 3 menit membaca

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup mudah ditemukan. Selain karena fungsinya yang sangat penting dalam melezatkan masakan, bawang putih punya banyak manfaat untuk kesehatan sehingga kerap digunakan dalam bagian pengobatan tradisional. 

Manfaat Bawang Putih

Berikut merupakan beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan, yang membuktikan jika bumbu dapur ini bukan sekedar bumbu pelezat makanan saja.


Mencegah Flu

Kandungan allicin dalam bawang putih bersifat antivirus, antijamur dan antimikroba. Senyawa sulfur yang kaya akan antioksidan tersebut efektif membunuh berbagai organisme penyebab penyakit, termasuk flu, radang dan pilek, dan flu.

Senyawa allicin terbukti ampuh memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dilakukan tahun 2021, yang menyebut jika pasien flu yang rutin mengkonsumsi bawang putih lebih cepat pulih ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsinya. 


Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Kandungan allicin dalam bawang putih memberi efek yang luas terhadap kesehatan. Selain ampuh mengatasi flu, senyawa tersebut terbukti ampuh menjaga kesehatan saluran cerna, termasuk mampu melawan infeksi bakteri H. pylori penyebab sakit maag. 

Manfaat bawang putih lainnya adalah, sifatnya sebagai prebiotik yang bekerja dengan mengoptimalkan pertumbuhan Bifidobacteria, genus bakteri asam laktat yang bermanfaat menjaga kesehatan usus, memaksimalkan pertumbuhan bakteri baik, dan mencegah kanker usus besar.


Mencegah Hipertensi

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Maturitas menyebut bawang putih mengandung polisulfida, senyawa yang bermanfaat untuk mengendurkan otot halus, melebarkan pembuluh darah dan mencegah terjadinya sumbatan di pembuluh darah penyebab darah tinggi dan stroke.

Menambahkan bawang putih ke dalam masakan pun akan memperkuat rasa makanan, sehingga Anda bisa terhindari dari penggunaan garam berlebihan. Seperti kita ketahui, konsumsi garam berlebihan merupakan salah satu penyebab terjadinya hipertensi


Menurunkan Kadar Kolesterol

Konsumsi setidaknya 10 gram bawang putih per hari selama dua bulan berturut-turut efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Klaim ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Postgraduate Medicine.

Dalam penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology, menyebut jika salah satu manfaat bawang putih yang harus diperhitungkan adalah, kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol. Namun manfaat tersebut hanya bisa didapat dengan konsumsi jangka panjang.


Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan sulfur bioaktif dalam bawang putih terbukti ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker dengan cara melindungi tubuh dari zat karsinogen, membunuh dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Klaim tersebut dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan National Cancer Institute, Amerika.

Dalam penelitian lainnya disebutkan jika konsumsi bawang putih secara rutin efektif mengurangi resiko terjadinya kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker paru. Namun butuh penelitian lanjutan untuk memastikan dosis dan cara paling efektif dalam mengambil manfaat bawang putih ini.


Mencegah Penyakit Jantung

Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, menyebut jika konsumsi bawang putih dalam jangka panjang efektif mengurangi kadar kalsium dan protein C-reaktif dalam arteri koroner, pembuluh darah yang bertugas memompa darah ke jantung.

Tingginya kadar kalsium di arteri koroner sendiri merupakan salah satu tanda terjadinya penumpukan plak yang dapat menyumbat, atau mempersempit arteri koroner. Sedangkan untuk protein C-reaktif merupakan protein yang dapat memicu terjadinya peradangan .


Menjaga Kesehatan Otak

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurochemistry, menyebut jika bawang putih mengandung S-allyl-L-cysteine (SAC), yang berfungsi melindungi otak dari berbagai kerusakan kognitif, penyebab utama terjadinya demensia dan Alzheimer. 

Sementara penelitian yang dilakukan Universitas Missouri, Amerika, menjelaskan jika bawang putih mengandung FruArg, turunan karbohidrat yang berfungsi melindungi sel-sel otak dari efek penuaan. 

Agar manfaat bawang putih ini dapat dirasakan lebih maksimal, Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung dalam kondisi mentah, atau dijadikan bumbu dalam tumisan, sayur dan lainnya.


Referensi: 

  1. Healthline.com. Diakses pada 2021. 11 Proven Health Benefits of Garlic
  2. Medical News Today. Diakses pada 2021. Garlic: Proven Health Benefits and Uses
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya