Buah Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Peredaran Darah
Health

Buah-buahan Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Peredaran Darah

05 October 2021 - 3 menit membaca

Menurut data dari Kemenkes RI, penyakit jantung merupakan penyumbang kematian terbesar kedua setelah stroke. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang lanjut usia, gaya hidup yang buruk telah membuat penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, termasuk anak muda.

Maka dari itu, menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Selain dengan rutin berolahraga, membatasi konsumsi natrium, hindari merokok dan cukup istirahat, Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi buah-buahan berikut ini.


Kulit Manggis dan Anggur

Manggis merupakan buah dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Khusus untuk bagian kulitnya, Anda akan menemukan zat xanthones yang efektif mengatasi masalah jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan lemak.

Sementara anggur mengandung polifenol dan resveratrol, dua zat antioksidan kuat yang berfungsi mencegah penyumbatan pembuluh darah. Anggur bisa dikonsumsi langsung, sementara kulit manggis bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen kesehatan. 


Alpukat

Banyak yang menghindari alpukat karena kandungan lemaknya. Padahal lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang baik menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. 

Selain itu, alpukat mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya, seperti kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Penelitian membuktikan jika konsumsi 4,7 gram kalium per hari efektif menurunkan resiko stroke, melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekan darah.


Aprikot

Sama seperti anggur, aprikot merupakan sumber antioksidan yang baik menjaga kesehatan jantung, dan menjaga aliran darah tetap optimal. Selain itu, aprikot mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin A, C, E, dan K, kalium, karotenoid dan serat. 

Semua kandungan nutrisi tersebut berkontribusi besar dalam meningkatkan fungsi jantung, mencegah dampak buruk akibat paparan radikal bebas berlebih, dan menurunkan tekanan darah dengan cara melemaskan pembuluh darah arteri.


Buah Berry

Buah beri terdiri dari banyak jenis, termasuk stroberi, blueberry, blackcurrant, blackberry, raspberry, cranberry dan lainnya. Meski berbeda jenis, semua keluarga beri-berian berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. 

Buah beri mengandung anthocyanin, jenis antioksidan yang efektif melindungi tubuh dari stres oksidatif penyebab banyak penyakit kronis, termasuk penyakit jantung. Selain itu, anthocyanin dalam buah beri efektif mencegah peradangan, dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Buah berry juga memiliki khasiat yang baik bagi penderita gangguan asam lambung. Buah-buahan jenis berry seperti blackberry, blueberry, dan raspberry dapat dikonsumsi untuk menjaga lambung tetap sehat. Selain baik untuk lambung, buah berry juga masuk dalam kategori buah yang dapat dimakan oleh oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan terdapat zat dalam berry yang dapat mengatur gula darah, pembersihan glukosa dari darah serta meningkatkan kemampuan produksi insulin tubuh.


Pisang

Pisang merupakan sumber kalium yang efektif menurunkan tekanan darah, dan mencegah sumbatan di pembuluh darah. Selain itu penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Harvard Medical School, menyebut jika pisang terbukti efektif membantu mengendalikan keseimbangan listrik jantung.

Sementara penelitian dari University of Alabama, menyebut jika kandungan potasium dalam pisang berfungsi menghentikan penyempitan dan penyumbatan arteri, menjaga tingkat cairan tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan mengatur pergerakan gizi agar mudah diserap tubuh. 


Mengkudu

Bentuk, aroma dan rasa dari mengkudu memang jauh dari kata enak. Namun dibalik semua itu, ternyata mengkudu mengandung xeronin yang berfungsi memperbaiki fungsi tubuh, memaksimalkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Selain itu, kandungan antioksidan dalam mengkudu tergolong tinggi. Anda bisa mengkonsumsi mengkudu dengan cara dijadikan sebagai jus, dijadikan sebagai campuran salad, smoothie dan lainnya. Cara lainnya, Anda bisa mengkonsumsi mengkudu sebagai suplemen kesehatan.


Apel

Apel mengandung serat larut yang mampu menurunkan tingkat kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health.

Selain itu, apel mengandung flavonoid epicatechin, jenis antioksidan dari keluarga polifenol yang efektif menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko stroke, dan mengendalikan resiko kerusakan pembuluh darah dan jantung akibat oksidasi LDL.


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Impressive Health Benefits of Apples.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya