Buah-Buahan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Gangguan Lambung
Ahlinya Lambung

Buah-Buahan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Gangguan Lambung

05 March 2021 - 3 menit membaca

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Annals of Otology, Rhinology & Laryngology, menyebut jika diet asam efektif membantu penderita gangguan lambung menurunkan resiko kekambuhan. Namun bukan berarti Anda harus meninggalkan konsumsi buah-buahan yang kebanyakan mengandung asam. 

Berikut merupakan buah-buahan yang aman dikonsumsi penderita gangguan lambung, bahkan disarankan karena bisa membantu Anda menurunkan asam lambung, dan mengatasi resiko komplikasi akibat asam lambung yang tidak terkendali.

Buah Ara

Bagi masyarakat Indonesia, buah ara atau buah tin (Ficus carica) mungkin sedikit terdengar asing. Buah ini umumnya ditemukan di beberapa wilayah di Eropa dan Amerika. Sementara untuk di Indonesia, Anda bisa jumpainya di beberapa supermarket yang menjual buah-buahan impor. 

Buah memiliki rasa yang manis, dan bentuknya sepintas mirip buah delima, dengan kulit berwarna ungu atau hijau. Bagi penderita maag, buah ini sangat baik dikonsumsi karena selain kandungan seratnya yang tinggi dan rendah asam, buah ara pun mengandung probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Pisang

Patrick Takahashi, MD, pakar gastroenterologi dari St. Vincent Medical Center, mengklaim pisang sebagai salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk penderita gangguan lambung. Selain rendah asam, makanan ini pun bersifat basa dan baik menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Selain itu, Takahashi menjelaskan jika pisang dibekali dengan sederet nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan lambung, jantung dan tulang, seperti vitamin B6, serat dan kalium. Anda bisa mengkonsumsi satu buah pisang per hari berukuran sedang sebagai makanan sela.

Pepaya

Tidak diragukan lagi jika pepaya merupakan salah satu buah-buahan terbaik yang disarankan untuk dikonsumsi penderita gangguan lambung. Selain memaksimalkan sistem pencernaan, pepaya pun sangat baik dikonsumsi dalam jangka panjang karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap. 

Menurut pakar gizi, sekaligus Top Balance Nutrition, Maria Bella, M.S., R.D, pepaya mengandung enzim khusus bernama papain, yang berfungsi untuk meredakan gejala asam lambung, terutama dapat diandalkan saat Anda mengalami heartburn, atau sensasi panas hebat di perut atas sampai dada. 

Semangka

Semangka merupakan jenis buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Selain itu, semangka pun mengandung asam yang sangat rendah, dan bersifat basa sehingga baik untuk menetralisir asam lambung, meringankan gejala maag, dan baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. 

Selain itu, semangka pun kaya akan kandungan vitamin A, C, antioksidan, dan asam amino, yang baik menjaga kesehatan sistem pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi semangka sebagai makanan sela atau pencuci mulut. Tapi ingat, konsumsi dalam jumlah yang seimbang. .

Apel

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Selain karena rasanya yang manis, dengan bentuk yang unik, apel dikenal karena punya banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya mampu mengatasi masalah lambung, membantu menurunkan asam lambung dan melancarkan sistem pencernaan. 

Tapi ingat, saat menggunakan buah apel untuk menurunkan asam lambung, Anda disarankan untuk mengkonsumsi bersama kulitnya. Pasalnya, kulit apel mengandung serat yang sangat tinggi, yang baik untuk sistem pencernaan. Jangan lupa, cuci bersih buah apel sebelum Anda mengkonsumsinya. 

Jika saat mengkonsumsi buah-buahan tersebut timbul gejala sakit maag, sebaiknya segera hentikan. Mengingat sensitifitas setiap orang berbeda-beda, sehingga penting untuk mengenali sensitifitas lambung anda. 


Referensi: 

  1. UH Hospitals. Diakses pada 2021. The Best and Worst Foods for Acid Reflux
  2. Healthline. Diakses pada 2021. 7 Foods to Help Your Acid Reflux
  3. NDTV. Diakses pada 2021. 6 Fruits To Combat Acid Reflux Stress
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya