Bolehkah Penderita Maag Makan Buah Naga?
Health

Bolehkah Penderita Maag Makan Buah Naga?

21 June 2021 - 3 menit membaca

Buah naga merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah, Meksiko dan Amerika Selatan. Namun menariknya, tanaman yang masuk dalam jenis kaktus yang berasal dari keluarga hylocereus dan selenicereus ini belakangan banyak ditanam di Indonesia .

Bentuk buah naga ini terbilang cukup unik, dengan daging buahnya yang berwarna merah atau putih dengan rasa manis yang khas. Buah ini mengandung cukup banyak air, lunak dan bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari campuran es buah, di jus atau dikonsumsi langsung.

Manfaat Buah Naga

Buah naga mengandung cukup banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitamin C, vitamin B2 dan vitamin B3, magnesium,  zat besi, dan kalsium. Selain itu, buah naga pun mengandung antioksidan tinggi dan  zat pewarna alami yang disebut antosianin.

Dengan kandungan nutrisinya yang cukup melimpah, sangat wajar jika akhirnya buah naga kerap disebut sebagai superfood. 

Buah naga bisa menangkal kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Hal ini disebabkan karena kandungan beberapa jenis antioksidan, seperti hydroxycinnamates, betalains, dan flavonoid.

Kandungan antioksidan dan vitamin dalam buah naga pun dapat membantu mempermudah Anda melakukan program detoksifikasi tubuh.

Buah naga mengandung lycopene, dan phytoalbumin yang dapat membantu membuang racun logam dan senyawa karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Buah naga mengandung air dan serat yang cukup tinggi. Selain untuk mencegah dehidrasi, buah naga pun bisa diandalkan untuk melancarkan sistem pencernaan. 

Buah naga baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung folat yang cukup tinggi. Folat sendiri berfungsi membentuk sel darah merah dan sistem saraf bayi.

Selain itu, buah naga pun dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan tulang, mencegah anemia selama kehamilan, membantu menurunkan berat badan, menenangkan kulit yang terbakar, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Bolehkan Dikonsumsi Penderita Sakit Maag?

Menurut American Association of Retired Persons (AARP), asam lambung bisa dipicu oleh banyak hal, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam tinggi. Hal ini pun dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Thoracic Disease di tahun 20219. 

Hal yang sama diungkapkan sejumlah pakar kesehatan dari University Hospitals, yang menyebut jika makanan tertentu bisa memperburuk gejala asam lambung, termasuk makanan dengan kandungan asam tinggi, makanan berlemak dan makanan pedas. 

Sementara untuk buah naga, dr. Arina Heidyana menjelaskan jika buah naga merupakan salah satu jenis buah yang punya banyak manfaat kesehatan, termasuk mengandung belatanin yang dapat menjaga kolesterol jahat (LDL) agar tidak teroksidasi. 

Namun semua kandungan tersebut dapat menciptakan rasa asam yang mungkin akan berpengaruh kepada mereka yang bermasalah dengan asam lambung. 

Namun bukan berarti penderita sakit maag tidak boleh mengkonsumsi buah naga, hanya saja terdapat beberapa catatan yang harus diperhatikan, diantaranya jumlah porsinya harus dikurangi, jangan lebih dari satu buah dalam sehari.

Selain itu, Anda pun harus memastikan perut dalam kondisi terisi saat mengkonsumsinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah perut terasa nyeri akibat kandungan asam yang terdapat dalam buah naga.


Referensi: 

  1. healthline.com. Diakses pada 2021. What Is Dragon Fruit and Does It Have Health Benefits?
  2. livestrong.com. Diakses pada 2021. Fruits That Cause Acid in the Stomach
  3. foodfaq.org. Diakses pada 2021. Is Dragon Fruit Acidic?
  4. jpnn.com. Diakses pada 2021. Bolehkah Penderita Asam Lambung Mengkonsumsi Buah Naga?
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya