Bolehkah Mengobati Sakit Maag Dengan Air Lemon?
Health

Bolehkah Mengobati Sakit Maag Dengan Air Lemon?

24 December 2021 - 3 menit membaca




Air lemon, baik lemon tea atau atau infused water lemon merupakan salah satu jenis minuman sehat yang banyak digunakan sebagai minuman kesehatan. Ada banyak manfaat yang didapat dari konsumsi air lemon ini, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memaksimalkan proses detoks. 

Selain itu, air lemon bersifat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, dan menangkal pengaruh buruk paparan radikal bebas, membantu melancarkan pencernaan, memelihara kesehatan jantung, bersifat sebagai anti-bakteri, dan sejumlah manfaat lainnya. 

Bolehkah Mengobati Sakit Maag Dengan Air Lemon?

Karena manfaatnya yang sangat melimpah, akhirnya banyak orang yang percaya jika sakit maag bisa diatasi dengan mengkonsumsi air lemon. Namun beberapa orang menilai ini merupakan tindakan berbahaya karena asam dari lemon justru bisa meningkatkan produksi asam lambung. 

Terkait hal ini, hal yang perlu Anda ketahui adalah, lemon merupakan buah dengan kandungan asam askorbat atau yang dikenal dengan vitamin C dan alkali. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk mendukung proses penyembuhan gastritis dan masalah asam lambung lainnya. 

Asam askorbat sendiri berbeda dengan asam sitrat, yang merupakan bahan aditif yang banyak ditemui dalam produk makanan dan minuman olahan, seperti jus kemasan, cuka, dan makanan asam olahan lainnya. Asam inilah yang dapat memicu sakit maag kambuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences, menyebut jika vitamin C dalam lemon sangat penting untuk mendukung kesehatan lambung. Hal ini disebabkan karena asam askorbat memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka akibat peradangan.

Selain itu, senyawa dalam lemon pun dapat memicu produksi mukus, lendir khusus yang berfungsi untuk melapisi, sekaligus pelindung lambung dari paparan asam lambung dengan cara menyeimbangkan asam klorida (HCl), atau yang kita kenal dengan nama asam lambung. 

Dengan kata lain, Anda tidak perlu menghindari lemon atau buah-buahan asam lainnya yang mengandung asam askorbat, seperti jeruk, mangga dan lainnya. Yang perlu dihindari adalah, makanan asam yang berasal dari asam olahan. 

Namun untuk mengobati sakit maag dengan mengkonsumsi air lemon, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang mendukung hal ini. Seperti disebutkan diatas, fungsi dari vitamin C dalam lemon adalah sebagai pendukung kesehatan lambung, bukan untuk mengobati sakit maag. 

Mengobati Sakit Maag

Mengobati sakit maag sendiri terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengkonsumsi obat sakit maag seperti antasida, atau jenis obat lainnya sesuai dengan resep dokter. Setelah itu Anda wajib mencegah sakit maag kambuh kembali dengan menjalankan pola hidup sehat. 

Berikut beberapa trik mencegah sakit maag kambuh kembali: 

  • Hindari makanan yang dapat mengiritasi lambung, seperti makanan pedas, makanan asam olahan, makanan tinggi lemak, makanan tinggi kafein dan lainnya.
  • Upayakan untuk berhenti merokok. Pasalnya, rokok mengandung banyak zat berbahaya yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. 
  • Menghindari minuman beralkohol. Hal ini disebabkan karena alkohol dapat menyebabkan peradangan di dalam lambung, dan memicu sakit maag kambuh kembali. 
  • Hindari panik dan kelola stres dengan baik dengan berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan menghindari hal-hal yang dapat memicu stres. 
  • Makan dengan porsi kecil tapi sering, makan tepat waktu, dan kunyah makanan hingga lembut sebelum Anda menelannya. Hindari kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan. 

Jika sakit maag Anda sering kambuh, dan intensitasnya semakin tinggi, segera hubungi dokter. Selain faktor gaya hidup, sakit maag bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk mengatasinya, Anda harus menyesuaikan dengan penyebab utamanya. 


Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Can You Use Lemon Water to Treat Acid Reflux?
  2. Medical News Today. Diakses pada 2021. Can lemon water help with acid reflux?
  3. Live Energized. Diakses pada 2021. Lemon Water Benefits – The Alkaline Superstar. 
  4. NCBI. Diakses pada 2021. Vitamin C, Gastritis, and Gastric Disease: a historical review and update. 




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya