Biar Lebih Efektif, Ini Waktu Terbaik Minum Obat Maag
Ahlinya Lambung

Biar Lebih Efektif, Ini Waktu Terbaik Minum Obat Maag

15 February 2021 - 3 menit membaca

Sakit maag memang bisa dituntaskan dengan hanya minum obat maag. Hanya dalam hitungan menit, obat maag pun akan bekerja menghilangkan gejala maag, seperti perut kembung, perih, dan mual, sehingga Anda pun bisa kembali beraktivitas seperti biasa. 

Namun dalam prakteknya, terkadang banyak orang tidak mendapatkan khasiat yang maksimal dari obat maag tersebut. Bukan karena obat maag tersebut tidak manjur, namun karena obat maag tersebut dikonsumsi di waktu yang tidak tepat. 

Kapan Waktu Terbaik Minum Obat Maag?

Menurut Dr. John C. Lipham, MD, dari University of Southern California Health Sciences, minum obat maag sangat disarankan dikonsumsi sebelum makan. Obat maag akan bekerja menetralisir asam lambung, sehingga lebih siap saat harus mencerna makanan. 

Hal ini kemudian dibuktikan lewat sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Gastroenterology di tahun 2014. 

Dalam penelitian tersebut diketahui jika sebanyak 71 persen dari peserta studi merasakan hasil yang lebih efektif dari obat maag ketika dikonsumsi sebelum makan, ketimbang peserta penelitian yang mengkonsumsi obat maag setelah makan. 

Tidak hanya itu, mereka yang memilih mengkonsumsi obat maag setelah makan, mengaku masih kerap merasakan gejala maag seperti nyeri di ulu hati, mual, dan muntah. Sementara mereka yang mengkonsumsi obat maag tidak lagi merasakan gejala tersebut hingga waktu makan tiba. 

Namun dr. John menjelaskan minum obat maag setelah makan bukan sebuah kesalahan. Pilihan waktu ini dimaksudkan agar asam lambung tidak naik hingga ke kerongkongan. Namun akan lebih baik jika pilihan ini dibarengi dengan konsumsi obat maag sebelum makan. 

Selain itu, Anda pun disarankan untuk mengkonsumsi obat maag sebelum tidur. Hal ini dimaksudkan agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan, yang kerap menyebabkan masalah bau mulut, mual, muntah, atau rasa tidak nyaman di tenggorokan saat bangun tidur. 

Bisa Sembuh Dengan Konsumsi Obat Maag

Sakit maag merupakan gejala adanya masalah pada lambung. Saat mengkonsumsi obat maag, sebenarnya Anda telah memotong sumber masalah utamanya, yakni produksi asam lambung yang berlebih hingga mengiritasi dinding lambung, bahkan sampai naik ke kerongkongan. 

Dengan konsumsi obat maag, otomatis asam lambung pun bisa dikendalikan, sehingga lambung pun punya kesempatan untuk menyembuhkan diri dari luka yang disebabkan asam lambung

Kenapa kerap kambuh? Masalah utamanya adalah, pola makan dan gaya hidup Anda yang buruk, seperti konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, terlalu sering konsumsi makanan pedas, jadwal makan yang berantakan, kebiasaan merokok dan lainnya.

Maka dari itu, setelah gejala Maag Anda hilang, tinggalkan kebiasaan buruk yang bisa memicu masalah pada lambung. Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan, diantaranya: 

Konsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi, seperti sayuran hijau, biji-bijian dan lainnya. Serat membantu menyerap kelebihan asam lambung. 

Ubah pola makan dengan menerapkan strategi makan sering tapi dalam porsi yang sedikit. Jika Anda terlalu sibuk, pastikan untuk selalu menyiapkan camilan sehat. 

Biasakan untuk mengunyah makanan hingga halus sebelum Anda menelannya. Selain agar lebih mudah diserap tubuh, cara ini pun bisa membantu meringankan kinerja lambung. 

Pastikan untuk makan dengan posisi tegak, tanpa bersandar. Selain itu, Anda pun wajib untuk tidak tidur atau berbaring setelah makan. Tunggu hingga 2-3 jam.

Hindari segala hal yang berpotensi memicu timbulnya maag. Jika Anda punya masalah dengan obesitas, sebaiknya segera lakukan diet sehat. 

Jika setelah minum obat maag gejalanya masih timbul, bahkan cenderung lebih buruk, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Referensi:

  1. Webmd. Diakses pada 2020. Medicines & Remedies To Get Rid of Stomach Aches and Pain
  2. Emedicinehealth. Diakses pada 2020. Gastritis Treatment, Causes, Diet, Symptoms & Medication
  3. Medicalnewstoday. Diakses pada 2020. Home remedies for gastritis: 8 best natural treatments
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya