promag
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Maag Akut dan Cara Mengatasinya

10 September 2019 - 3 menit membaca

Bila kamu mengalami sakit perut yang tak tertahankan, mual, hingga perut kembung, mungkin itu gejala dari maag akut. Maag sebenarnya merupakan sekumpulan gejala gangguan sistem cerna.

Gejala maag akut umumnya datang tiba-tiba dan tentu hal ini dapat merusak jadwal harianmu. Tak hanya sakit perut, kamu harus tahu gejala lain dari maag akut agar kamu bisa lebih waspada.

Gejala maag akut yang harus diwaspadai


Ada beberapa penyebab terjadinya maag akut, mulai dari infeksi bakteri, penggunaan obat pereda nyeri terlalu sering, faktor umum, alkohol, bahkan stres. Nah, supaya kamu lebih waspada, ketahui gejala maag akut berikut.

Nafsu makan berkurang

Gangguan pencernaan

Mual

Muntah

Muntah darah

Rasa sakit pada perut bagian atas

Perut kembung atau terasa penuh pada bagian atas


Gejala umum ini memang kerap ditemui pada kondisi penyakit lainnya. Bila kamu punya riwayat maag sebelumnya, kamu perlu mewaspadai menemui tanda-tanda ini.

Maag akut mulai memburuk ketika seseorang mengalami muntah darah. Jika terjadi demikian, mungkin kamu memerlukan pemeriksaan medis lebih lanjut untuk mengetahui kondisi kesehatanmu.

Cara menangani maag akut


Jika menemui gejala di atas, kamu perlu melakukan langkah berikut untuk menangani maag akut.


1. Minum obat maag


Pertolongan pertama ketika maag aku kambuh adalah minum obat. Tentu saja, obat untuk maag biasa dengan maag akut berbeda, karena kamu butuh obat yang lebih ampuh.

Untuk itu, kamu bisa mengandalkan Promag Double Action. Kandungan antasida dan famotidin dalam Promag ini dipercaya dapat menetralkan asam lambung berlebih dengan cepat. Jadi, tidak perlu cemas lagi karena selalu ada jalan untuk meredakan sakit maag. Dengan begitu, kamu bisa berkegiatan tanpa diganggu sakit maag lagi deh.


2. Menerapkan diet yang sesuai


Mulai sekarang kamu tak boleh abai dalam memilih menu makanan. Maag akut artinya kamu perlu memperhatikan apa yang akan dicerna oleh lambung.

Untuk itu, kamu perlu menghindari makanan yang memperparah kondisi maag, seperti makanan yang diproses, makanan mengandung gluten, makanan asam, produk susu, makanan dengan pemanis, makanan pedas, dan alkohol.


3. Minum teh herbal dengan madu manuka


Sebuah studi mengatakan minum teh hijau atau teh hitam seminggu sekali bisa menurunkan jumlah bakteri H.pylori penyebab maag akut.

Madu ini memiliki sifat antibakteri yang mampu melawan infeksi. Kamu bisa mencampur madu manuka dengan teh hijau atau teh hitam, mengonsumsinya rutin untuk meredakan sakit maag akut. 


4. Berhenti merokok dan batasi minum obat pereda nyeri


Meski banyak orang yang bilang merokok bisa meredakan stres, justru memicu kerusakan lapisan perut. Pengidap maag akut yang tetap merokok dapat meningkatkan risiko kanker saluran cerna. Cara terbaik untuk memulihkan maag akut dengan mengurangi rokok dan menjalankan pola hidup sehat dan teratur.

Selain itu, kamu juga harus membatasi minum obat pereda nyeri, seperti aspirin dan ibuprofen. Memang kedua obat ini cukup membantu menghilangkan rasa sakit yang kamu alami, tapi sayangnya kedua obat tersebut bisa memicu asam lambung naik.

Nah, jika kamu memang butuh obat pereda nyeri, sebaiknya konsultasikan pada dokter jenis obat apa yang tepat dan aman bagi lambungmu. 


5. Mengurangi stres


Usahakan untuk mengelola stres apa pun yang terjadi, karena bisa jadi itu bisa memperparah gejala maag akut yang kamu alami. Orang yang stres memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi alkohol, merokok, dan mengadaptasi pola hidup yang tidak teratur. Selain itu, stress juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita dan meningkatkan produksi asam lambung.

Menghindari stres tidak sulit, kok. Kamu bisa mengalihkan perhatianmu dengan pijat, meditasi, yoga, maupun latihan pernapasan. Stres memang tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa mengelolanya dengan cara yang smart di tengah kesibukan.

6. Konsumsi probiotik


Probiotik jadi suplemen untuk memproduksi bakteri baik dalam tubuh. Probiotik juga dapat meredakan gejala sakit maag akut, karena membantu menghentikan penyebaran bakteri H. Pylori.

Beberapa asupan yang bisa kamu konsumsi di antaranya yogurt, kombucha, maupun kefir. Suplemen alami ini menjadi langkah yang bagus untuk meredakan gejala sakit maag akut.


Reference :


Acute Gastritis. https://www.healthline.com/health/gastritis-acute. Diakses 28 Agustus 2019.

Natural Remedies for Gastritis. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321138.php. Diakses 28 Agustus 2019.

Honey and green/black tea consumption may reduce the risk of Helicobacter pylori infection. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0732889315000668?via%3Dihub. Diakses 28 Agustus 2019.

Diet tips for gastritis and stomach ulcers. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317027.php?iacp. Diakses 28 Agustus 2019.

Everything you need to know about gastritis. https://www.medicalnewstoday.com/articles/309046.php. Diakses 28 Agustus 2019.

Gastritis. https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/gastritis. Diakses 28 Agustus 2019.

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gastritis/symptoms-causes/syc-20355807. Diakses 28 Agustus 2019.

Sumber foto: Pexels. https://www.pexels.com/photo/person-holding-red-hot-compress-1415554/. Diakses 28 Agustus 2019.


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif