Benarkah Pola Tidur Buruk Sebabkan Maag Mudah Kambuh?
Health

Benarkah Pola Tidur Buruk Sebabkan Maag Mudah Kambuh?

23 December 2021 - 3 menit membaca




Selama ini sakit maag diidentikan dengan penyakit pola makan. Saat pola makan Anda berantakan, tidak memperhatikan apa yang masuk ke perut, dan terbiasa tidur setelah makan, maka sakit maag akan mudah kambuh, bahkan beresiko tambah parah. 

Tapi bukan itu saja, ada banyak hal yang ternyata dapat menyebabkan sakit maag mudah kambuh, dan sama-sama berpeluang dapat menyebabkan sakit maag bertambah parah. Salah satunya adalah pola tidur yang buruk, seperti sering begadang atau tidur larut malam.

Hubungan Pola Tidur dan Sakit Maag

Sakit maag sendiri merupakan salah satu masalah pencernaan yang disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung hingga akhirnya mengiritasi dan melukai lambung. Jika dibiarkan, luka tersebut bisa bertambah parah dan berpeluang berkembang jadi lambung bocor atau perforasi.

Kaitannya dengan pola tidur, selama tidur tubuh kita akan bekerja dan memperbaiki diri, termasuk memperbaiki lambung yang mengalami kerusakan akibat paparan asam lambung berlebih. 

Saat pola tidur kita berantakan, atau sering begadang, kesempatan tubuh untuk memperbaiki lambung akan menurun dan membuat lambung berpeluang mengalami kerusakan yang lebih parah. Alhasil, sakit maag pun bisa bertambah parah, dan gejala yang dirasakan akan semakin berat. 

Kondisi ini belum termasuk resiko cemilan di malam hari yang bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat, melambatnya sistem metabolisme akibat kurang tidur, dan sejumlah dampak buruk lainnya yang saling terhubung dengan masalah pencernaan. 

Hal ini dijelaskan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature. Dalam penelitian tersebut dijelaskan jika kebiasaan tidur terkait erat dengan produksi hormon leptin dan ghrelin yang bertanggung jawab atas rasa lapar dan kenyang kita. 

Saat kurang tidur, produksi hormon leptin (hormon kenyang) akan menurun, sementara hormon ghrelin (hormon lapar) akan meningkat drastis. Akibatnya, nafsu makan Anda tidak akan terkendali, dan resiko obesitas pun muncul. Obesitas sendiri meningkatkan resiko sakit maag.

Dalam keteranganya, pakar gastroenterologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan Harvard University, Kyle D. Staller menjelaskan jika seseorang dengan masalah lambung, cenderung mudah mengalami kekambuhan ketika mereka memiliki pola tidur yang buruk.

Kaitan lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah, kurang tidur dapat menyebabkan Anda mudah stres. Dalam beberapa penelitian dijelaskan jika stres merupakan salah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan sakit maag mudah kambuh.

Solusi Mencegah Sakit Maag Kambuh

Hal yang pertama wajib Anda lakukan adalah, segera perbaiki pola tidur Anda. Ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah: 

  • Meningkatkan aktivitas fisik di siang hari, sehingga di malam hari tubuh akan meminta Anda untuk beristirahat dengan mengirimkan sinyal mengantuk. 
  • Mulai menjadwalkan olahraga secara rutin. Banyak penelitian yang membuktikan jika olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi masalah insomnia. 
  • Hindari konsumsi kafein di malam hari, terutama jam tidur. Konsumsi juga makanan yang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur, seperti pisang dan lainnya. 
  • Mandi atau berendam di air hangat sebelum tidur. Cara ini efektif melemaskan otot, memberikan sensasi relaksasi, dan mengundang rasa kantuk.
  • Usahakan untuk terus berpikir positif, terutama sebelum tidur. Anda juga bisa melakukan aktivitas relaksasi sebelum tidur, atau merancang aktivitas menyenangkan besok hari. 
  • Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman, seperti tempat tidur yang rapi, matikan lampu, memasang aromaterapi, menjauhkan gangguan (termasuk ponsel) dan lainnya. 

Meski terlihat sepele, masalah tidur jadi hal yang wajib Anda perhatikan karena berhubungan dengan banyak masalah kesehatan. Jika gangguan tidur terus terjadi, segera hubungi dokter untuk mendapat solusi yang lebih baik. 


Referensi: 

  1. NCBI. Diakses pada 2021. Sleep Dysfunction and Gastrointestinal Diseases 
  2. JWatch. Diakses pada 2021. Does Sleep Deprivation Worsen GERD Symptoms? 
  3. Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases and Conditions. Insomnia: How Do I Stay Asleep?




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya