Bau Mulut Saat Berpuasa? Cari Tau Yuk Penyebabnya
Lifestyle

Bau Mulut Saat Berpuasa? Cari Tau Yuk Penyebabnya

28 May 2021 - 3 menit membaca

Banyak orang menilai jika bau mulut merupakan salah satu konsekuensi yang harus dihadapi oleh mereka yang berpuasa. Padahal pada dasarnya masalah bau mulut ini bisa dicegah dengan cara yang sederhana, misalnya dengan menjaga kesehatan dan kebersihan mulut.

Agar bisa melakukan upaya pencegahan dengan maksimal, Anda harus lebih dulu mengetahui penyebab utamanya. Jarang disadari, ternyata ini beberapa penyebab bau mulut saat puasa. 


Malas Gosok Gigi Saat Sahur

Banyak orang yang langsung tidur setelah makan sahur, tanpa membersihkan mulut terlebih dulu. Ini jelas kebiasaan buruk. Pasalnya, mulut yang tidak dibersihkan akan membuat bakteri di mulut leluasa memecah partikel dalam makanan yang terperangkap di gigi atau mulut. 

Kondisi ini akan membuat proses pembusukan di mulut berjalan lebih cepat, dan aroma busuk pun akan keluar dari mulut Anda. Maka dari itu, penting langsung menyikat gigi setelah makan sahur, dan maksimalkan upaya ini dengan berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash.


Masalah Lambung

Padahal sudah menggosok gigi dengan baik, dan dimaksimalkan dengan berkumur menggunakan mouthwash, namun masalah bau mulut ini masih belum teratasi. Untuk masalah, Anda harus mulai curiga jika penyebab bau mulut saat puasa ini disebabkan karena masalah lambung.

Salah satu masalah lambung yang menyebabkan bau mulut adalah GERD atau gastroesophageal reflux disease, kondisi ketika asam lambung yang bercampur dengan sisa makanan (dan kemungkinan bersama bakteri) naik ke kerongkongan. Masalah ini biasanya ditandai dengan munculnya heartburn.


Mulut Kering

Selain berfungsi untuk melumatkan makanan, air liur secara alami berperan sebagai pembersih mulut. Namun saat berpuasa, umumnya mulut akan menjadi kering. Masalah ini bisa terjadi semakin parah saat Anda tidak mencukupi kebutuhan cairan selama waktu berbuka. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa sering berkumur menggunakan air, rutin membersihkan mulut dan pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi minimalnya 8 gelas air putih per hari. Jangan lupa, pastikan Anda juga banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.


Pertumbuhan Bakteri di Mulut

Pada dasarnya, mulut secara alami dipenuhi dengan bakteri yang berfungsi membantu memudahkan proses penghancuran makanan sebelum masuk ke organ pencernaan. Namun dalam beberapa kasus, mulut bisa mengalami infeksi yang menyebabkan sariawan, pembengkakan gusi, dan lainnya. 

Infeksi mulut inilah bakteri di mulut bermetamorfosis menjadi penyebab bau mulut saat puasa. Untuk mengatasinya, Anda harus melawan infeksi bakteri tersebut dengan memperbanyak konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, penuhi kebutuhan vitamin, dan hentikan kebiasaan merokok.


Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit, radang lambung, sakit maag, dan lainnya, ternyata bisa jadi salah satu faktor mulut yang berbau saat berpuasa. Selain itu, kehadiran parasit di usus pun bisa jadi menyebabkan utama bau mulut yang sulit dihindari. 

Untuk mengatasinya, pastikan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, konsumsi makanan dan minuman probiotik, dan hindari konsumsi makanan asam, pedas dan berlemak secara berlebihan. 


Referensi: 

  1. MedicineNet. Diakses pada 2021. Bad Breath (Halitosis).
  2. WebMD. Diakses pada 2021. Dental Health and Bad Breath.
  3. Medical News Today. Diakses pada 2021. Everything you need to know about bad breath.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya