Bantu Redakan Sakit Maag Dengan Konsumsi Air Hangat
Ahlinya Lambung

Bantu Redakan Sakit Maag Dengan Konsumsi Air Hangat

24 March 2021 - 3 menit membaca

Orang akan mengkonsumsi air hangat saat cuaca dingin, atau setelah mengkonsumsi makanan pedas. Konon katanya, selain menghangatkan badan, konsumsi air hangat setelah mengkonsumsi makanan pedas pun bisa lebih cepat menghilangkan rasa panas di mulut.

Entah benar atau tidak, namun faktanya rutin mengkonsumsi air hangat punya banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mampu meredakan gejala sakit maag.

Hal tersebut dibuktikan lewat penelitian di tahun 2015 yang dipublikasikan dalam European Journal of Pharmaceutical And Medical Research, yang menyebut jika mengkonsumsi air hangat bagus untuk kesehatan usus, melancarkan sistem pencernaan dan lainnya.

Tidak hanya itu, dalam penelitian tersebut pun dijelaskan jika minum air hangat baik untuk menetralkan asam lambung berlebih, sehingga baik untuk mencegah sakit maag kambuh. Inilah alasan kenapa minum air hangat sangat disarankan dikonsumsi setelah makan.

Manfaat lainnya, konsumsi air hangat pun diketahui dapat membantu meredakan sakit maag, terutama jika sakit maag lagi menyerang namun sedang tidak menyiapan obat maag.

Caranya mudah, saat gejala sakit maag, seperti mual, perut kembung, perih dan sakit di ulu hati timbul, langsung ambil segelas air hangat, kemudian minum secara perlahan sampai habis.

Hanya dalam hitungan menit, gejala sakit maag Anda pun akan berkurang. Namun hal ini tentu saja bersifat sementara, pengobatan yang tepat masih dibutuhkan untuk memastikan asam lambungnya dapat ternetralisir dengan benar. Untuk itu , bisa dituntaskan dengan mengkonsumsi obat Antasida atau pereda sakit maag.

Manfaat Lain Konsumsi Air Hangat

Selain ampuh meredakan sakit maag, rutin mengkonsumsi air hangat pun memiliki sejumlah manfaat lainnya, diantaranya mampu membersihkan saluran pencernaan. Manfaat ini akan terasa lebih maksimal jika air hangat dikonsumsi pagi hari, sesaat setelah bangun tidur.

Dalam pemaparannya, para ahli percaya jika air yang dikonsumsi sesaat setelah bangun tidur akan membantu memecah makanan di lambung, dan berkontribusi besar untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, membersihkan usus dan racun dalam tubuh.

Namun khusus untuk konsumsi air hangat, kondisi ini berbeda karena terbukti efektif membantu memecah makanan lebih cepat sehingga makanan tersebut akan lebih mudah dicerna.

Kondisi ini berbeda jika Anda mengkonsumsi air dingin. Sifat air dingin yang dapat mengeraskan lemak di area pencernaan, akan menimbulkan timbunan lemak yang lebih banyak, terutama di usus. Kondisi inilah yang akan menyebabkan masalah pencernaan, seperti sembelit, sakit perut dan lainnya.

Tips Menikmati Air Hangat

Meski banyak orang mengenal manfaat dari rutin mengkonsumsi air hangat ini, namun faktanya sulit untuk menerapkan kebiasaan baik tersebut. Nah untuk Anda yang ingin menerapkan kebiasaan tersebut, bisa menggunakan trik berikut ini.

  1. Usahakan untuk rutin mengkonsumsi 1-2 gelas air hangat setelah bangun tidur. Ini sebenarnya kebiasaan lama, hanya saja kebanyakan dari kita memilih mengkonsumsi air bersuhu normal.
  2. Konsumsi segelas air hangat setelah sarapan. Jika memungkinkan, Anda bisa mengkonsumsi satu gelas air hangat lainnya sebelum makan.
  3. Sepanjang hari, usahakan untuk mengkonsumsi setidaknya 3 gelas air hangat, kemudian dilanjut dengan mengkonsumsi air hangat di sore hari.
  4. Konsumsi air hangat kembali sebelum dan sesudah makan malam, masing-masing satu gelas sebelum makan, dan satu gelas lainnya setelah makan.
  5. Sebelum tidur Anda bisa mengkonsumsi satu gelas susu hangat untuk meningkatkan kualitas tidur, sekaligus membuat Anda lebih mudah terlelap.

Semakin banyak Anda mengkonsumsi air hangat, maka sistem pencernaan Anda pun akan jadi lebih sehat. Selain mencegah sakit maag, rutin konsumsi air hangat pun bisa membantu Anda terlihat lebih awet muda lho.


Referensi:

  1. Healthline.com. Diakses pada 2021. Natural and Home Remedies for Ulcers
  2. Prevention.com. Diakses pada 2021. 12 Stomach Ulcer Treatment Ideas
  3. Stylecraze.com. Diakses pada 2021. 17 Home Remedies For Stomach Ulcer + Causes And What To Eat
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai