Rempah ini Bantu Atasi Masalah Pencernaan dan Turunkan Badan
Lifestyle

Bantu Atasi Masalah Pencernaan Sekaligus Turunkan Badan dengan Bahan Rempah Ini Lho!

01 October 2021 - 3 menit membaca

Banyak cara dilakukan untuk mengatasi masalah obesitas, salah satunya dengan menjalankan program diet sehat. Tidak hanya ampuh menurunkan berat badan, program diet dengan fokus mengkonsumsi makanan sehat terbukti ampuh meningkatkan kualitas kesehatan kita. 

Biasanya, program diet sehat dilakukan dengan membatasi makanan tertentu, terutama karbohidrat sederhana, makanan tinggi gula dan lemak, untuk kemudian diganti dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, serta konsumsi daging tanpa lemak sebagai sumber protein. 

Tapi tahukah Anda jika beberapa rempah yang biasa kita temui, ternyata bisa digunakan untuk membantu memaksimalkan program diet? Mau tahu apa saja. Simak yuk ulasannya berikut ini. 


Kunyit

Kunyit merupakan jenis rempah yang sangat populer di Indonesia. Rimpangan kuning ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan, diolah menjadi jamu tradisional, digunakan sebagai masker, lulur tradisional, atau digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi berbagai masalah kulit hingga digunakan sebagai herbal untuk asam lambung yang mujarab dan telah dipercaya khasiatnya di Indonesia dari generasi ke generasi.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam kunyit ternyata efektif meningkatkan sistem metabolisme, menekan pertumbuhan jaringan lemak yang berkaitan dengan obesitas, hingga efektif digunakan sebagai obat alami penurun berat badan dengan cara meluruhkan lemak di tubuh. 


Fenugreek

Untuk Anda yang hobi makan kari tentu tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini. Fenugreek atau  klabet merupakan jenis rempah yang ampuh membantu menurunkan berat badan dengan cara menekan nafsu makan sehingga program diet bisa berjalan dengan mudah. 

Sama seperti kebanyakan rempah lainnya, klabet masuk dalam jenis rempah yang mengandung antioksidan tinggi, mampu melancarkan sistem metabolisme, membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, dan efektif memecah timbunan lemak di tubuh sehingga lebih mudah ‘dibuang’. 


Lada Hitam

Lada hitam mengandung senyawa alkaloid bernama piperin. Selain memberi sensasi hangat di tubuh, piperin ternyata ampuh membantu meningkatkan kinerja sistem metabolisme sehingga proses pembakaran lemak jadi lebih maksimal. 

Selain itu, lada hitam masuk dalam kategori makanan termogenik, yakni jenis makanan yang ampuh mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh, terutama untuk Anda yang rutin melakukan aktivitas fisik. Anda bisa menambahkan lada hitam sebagai bumbu ke dalam menu sarapan.


Kayu Manis

Gula merupakan bahan makanan yang wajib dijauhi selama menjalankan program diet. Namun jika Anda termasuk pecandu makanan manis, mulai sekarang ganti gula dengan kayu manis. Selain bisa memberi sensasi segar, kayu manis ternyata efektif memaksimalkan program diet Anda.

Cara kayu manis dalam membantu menurunkan berat badan tergolong unik, yakni memanfaatkan sifat antimikroba untuk membantu mengurangi respons negatif tubuh terhadap makanan berlemak tinggi, menekan nafsu makan dan membantu memecah karbohidrat dalam tubuh.


Jinten Hitam

Jintan hitam atau habbatussauda merupakan rempah yang biasa digunakan dalam terapi pengobatan tradisional, atau bisa juga dijadikan sebagai bumbu makanan berkuah kental. Ada banyak manfaat dari jintan hitam ini, salah satunya mampu meningkatkan sistem imun.

Untuk menurunkan berat badan, jintan hitam bekerja dengan cara meningkatkan konsentrasi insulin dan membantu tubuh menurunkan kadar glukosa. Jika kadar gula terkontrol, maka maka nafsu makan akan menurun. Otomatis program diet pun berjalan lebih mudah. 

Namun ingat, rempah-rempah yang disebutkan di atas hanya bersifat membantu saja. Jika program diet Anda ingin berjalan sukses, kunci utamanya adalah tetap berolahraga, dan jauhi stres.


Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. 13 Herbs That Can Help You Lose Weight.
  2. Timesofindia. Diakses pada 2021. 5 herbs to speed up your weight loss
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya