Baking Soda Bisa Meredakan Asam Lambung. Mitos atau Fakta?
Ahlinya Lambung

Baking Soda Bisa Meredakan Asam Lambung. Mitos atau Fakta?

15 September 2021 - 3 menit membaca

Saat produksi asam lambung meningkat, kita akan merasakan gejala perut perih, kembung, mual, heartburn dan lainnya. Bahkan saat luka di lambung sudah cukup parah, rasa sakit di perut akan terasa sangat menyiksa. 

Dalam kondisi ini, mengkonsumsi obat antasida merupakan solusi termudah. Selain cepat dan efektif meredakan asam lambung, obat antasida mudah didapat sehingga kita bisa menyimpannya di rumah sebagai persediaan dikala darurat.

Tapi bagaimana jika obat antasida tidak tersedia, tapi gejala maag sudah terasa sangat menyiksa? Beberapa orang menyarankan mengkonsumsi 1 sdm baking soda yang dilarutkan ke dalam air hangat. Sifat basa dari baking soda dipercaya ampuh meringankan gejala asam lambung.


Benarkan Baking Soda Bisa Meredakan Asam Lambung?

Natrium bikarbonat atau yang kita kenal sebagai baking soda, sebenarnya antasida alami yang ampuh menetralkan asam lambung dan mampu meredakan berbagai gejala asam lambung, seperti mulas, sakit di ulu hati, heartburn dan lainnya.

Tapi jangan remehkan efek lanjutannya. Baking soda yang dilarutkan ke dalam air akan melepaskan karbon dioksida, dan membuat air bergelembung dan bergas. Kondisi ini bisa membuat LES atau lingkar otot yang berada di bawah kerongkongan terbuka dan melemah.

Efek awalnya, tubuh secara alami akan bereaksi dengan cara mengeluarkan gelembung dan gas tersebut lewat aktivitas sendawa. Namun buruknya, LES yang melemah dan terbuka bisa membuat isi perut naik ke kerongkongan dan mengiritasi bagian tersebut. 

Tidak hanya itu, efek samping lainnya bahkan jauh lebih mengerikan, terlebih jika Anda cukup sering mengkonsumsi larutan baking soda, diantaranya:

  • Dapat menyebabkan alkalosis. Kondisi ini ditandai dengan munculnya gejala, seperti tremor, kebingungan, sakit kepala hingga mual dan muntah. 
  • Dapat menyebabkan edema. Kondisi ini ditandai dengan munculnya pembengkakan di beberapa bagian tubuh, sesak napas, sulit berjalan dan lainnya.
  • Dapat menyebabkan preeklamsia bagi ibu hamil. Kondisi ini ditandai dengan munculnya sakit kepala, nyeri di ulu hati, sesak nafas, mual dan muntah.

Dampak buruk lainnya dari kebiasaan mengkonsumsi larutan baking soda untuk meredakan asam lambung adalah, meningkatkan resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, radang usus buntu, penyakit ginjal, liver, dan lainnya. 

Buat Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti Amfetamin, Benzphetamine, Elvitegravir, Digoksin, Memantine, dan lainnya, baking soda wajib dihindari karena bisa mengganggu proses penyerapan obat, atau bahkan dapat memicu efek samping lainnya. 

Dengan kata lain, baking soda memang bisa meredakan asam lambung karena bertindak sebagai antasida alami. Namun efek samping yang ditimbulkannya sangat mengerikan, Anda tidak dianjurkan menggunakan trik tersebut, meski dalam kondisi darurat. 


Solusi Meredakan Asam Lambung Dengan Aman

Dalam kondisi darurat, Anda disarankan mengkonsumsi air hangat agar produksi asam lambung bisa terkendali. Jangan lupa, isi perut Anda dengan beberapa makanan yang bisa meredakan asam lambung, seperti pisang, oatmeal, apel dan lainnya. 

Pada dasarnya, asam lambung sangat mudah diatasi dengan konsumsi antasida. Untuk mencegah masalah asam lambung tersebut kambuh kembali, sebaiknya perbaiki gaya hidup dengan menjauhi rokok, minuman keras, junk food, dan kurangi konsumsi kafein. 

Selain itu, pastikan Anda cukup istirahat, kelola stres dengan baik, dan pastikan selalu mengkonsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan, sayuran hijau dan probiotik. 


Referensi:

  1. Healthline. Diakses pada 2021. Can Store-Bought Baking Soda Really Treat Acid Reflux?
  2. Healthline. Diakses pada 2021. 7 Foods to Help Your Acid Reflux
  3. Medical News Today. Diakses pada 2021. Baking Soda For Acid Reflux: Effectiveness, Risks, and Side Effects
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya