Baik Untuk Pencernaan. Ini Manfaat Minum Ramuan Jahe!
Health

Baik Untuk Pencernaan. Ini Manfaat Minum Ramuan Jahe!

15 September 2021 - 3 menit membaca

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan jahe. Rimpangan yang satu ini biasa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari bumbu masakan, ramuan kecantikan, bahan pembuatan minuman tradisional, hingga ramuan obat herbal.

Ada banyak manfaat minum ramuan jahe bagi kesehatan, mulai dari menghangatkan tubuh, mengatasi masalah pegal linu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kembung, mual, mengatasi stres dan baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.


Manfaat Minum Jahe Bagi Sistem Pencernaan

Jahe mengandung phenol yang berfungsi meredakan gejala iritasi gastrointestinal. Selain itu, jahe efektif menstimulasi air liur, membantu pergerakan makanan agar lebih mudah dicerna, dan , mampu mencegah terjadinya kontraksi di perut. 

Jahe berperan sebagai carminative, yakni suatu substansi efektif mengeluarkan gas berlebih dengan cara memecah gas dalam saluran cerna. Sifat ini memuat jahe dipercaya efektif mengatasi masalah kolik, dispepsia, perut kembung, perut begah, mual, dan muntah.

Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan darat, laut atau udara namun khawatir mengalami mabuk kendaraan, bisa mengkonsumsi permen atau ramuan jahe. Hal yang sama berlaku untuk ibu hamil untuk mencegah morning sickness di trimester pertama usia kehamilan. 

Manfaat minum ramuan jahe lainnya adalah, mampu mengatasi masalah asam lambung atau gejala maag. Hal ini disebabkan karena kandungan zat gingerol yang memiliki efek antioksidan dan mampu melawan peradangan dalam tubuh. 


Manfaat Lainnya Minum Ramuan Jahe

Selain ampuh mengatasi masalah pencernaan, rutin mengkonsumsi ramuan jahe ternyata dapat memberikan beberapa manfaat lainnya, diantaranya adalah: 

  1. Jahe efektif membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan tim peneliti dari  University of Texas, Amerika.
  2. Kandungan gingerol dalam jahe efektif menangkal infeksi bakteri dan virus, termasuk virus RSV yang menyerang saluran pernapasan. 
  3. Kandungan antioksidan dalam jahe diklaim efektif meningkatkan fungsi otak dan berpotensi menjadi obat tradisional untuk penyakit Alzheimer. 
  4. Jahe bersifat anti-radang dan anti-nyeri. Sifat ini bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri otot, mengatasi pegal linu dan masuk angin.
  5. Jahe efektif mengatasi gejala arthritis atau pembengkakan di persendian. Anda hanya perlu menumbuk jahe dan menempelkannya di area yang mengalami pembengkakan.

Selain itu, kandungan gingerol dalam jahe pun ternyata efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara, kanker ovarium, kanker pankreas dan kanker hati.


Cara Membuat Ramuan Jahe

Untuk membuat ramuan jahe, Anda bisa membakar 1 ruas atau sekitar 5 cm jahe merah. Geprek hingga hampir hancur. Setelah itu rebus bersama 500 ml air mendidih. Biarkan hingga tersisa setengahnya, kemudian minum selagi hangat. 

Anda bisa menambahkan madu atau kayu manis sebagai pemanis, atau bisa juga dicampurkan dengan bahan alami lainnya, seperti kayu secang, dan lainnya. Ramuan alami ini bisa dinikmati sebagai teman begadang bersama semangkuk kacang rebus, ubi rebus dan lainnya.

Cara lainnya, Anda bisa menyiapkan 1 ruas jahe atau sekitar 5 cm jahe, kemudian potong-potong jadi bagian kecil. Rebus jahe dalam 500 ml air mendidih. Angkat dan tambahkan madu sebagai pemanis dan air perasan lemon. Nikmati selagi hangat.

Agar manfaat minum ramuan jahe ini terasa lebih maksimal, cobalah untuk menghindari penambahan gula atau bahan lainnya yang tidak memberi dampak positif bagi kesehatan. 


Referensi:

  1. WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Ginger.
  2. Medical News Today. Diakses pada 2021. Why is ginger good for you?
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya