Baik Untuk Diet, Ini Buah-buahan Tinggi Serat dan Rendah Kalori
Lifestyle

Baik Untuk Cemilan Diet, Ini Buah-buahan Tinggi Serat dan Rendah Kalori

30 September 2021 - 3 menit membaca

Makanan tinggi serat dan rendah kalori merupakan salah satu kunci utama kesuksesan program diet. Makanan tinggi serat dan rendah kalori baik untuk melancarkan sistem pencernaan, dan menekan nafsu makan dengan cara menjaga perut tetap kenyang lebih lama.

Menariknya, cemilan diet yang mengandung serat tinggi secara khusus menargetkan lemak perut. Lemak ini sangat berbahaya dan berhubungan langsung dengan penyakit metabolik, seperti Diabetes, Sindrom McArdle, Fenilketonuria, Penyakit Gaucher, Xanthoma dan lainnya. 


Buah-buahan Tinggi Serat Yang Baik Untuk Diet

Ada banyak makanan tinggi serat dan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi untuk memaksimalkan program diet, misalnya oatmeal, beras merah, dan makanan olahan gandum utuh. Bahan makanan tersebut bisa dijadikan sebagai menu utama selama diet.

Sementara untuk cemilan diet atau makanan sela selama menjalankan program diet, Anda bisa mendapatkan asupan serat dan rendah kalori dari beberapa buah-buahan berikut ini.


Alpukat

Dalam buah alpukat berukuran sedang terkandung 5 gram serat dan 120 kalori. Selain itu, alpukat merupakan sumber lemak sehat yang baik untuk jantung, sekaligus sebagai sumber energi yang mudah dipecah. Alpukat pun mengandung folat, vitamin K dan nutrisi penting lainnya. 

Sama seperti buah yang tinggi serat dan rendah kalori, Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat sebagai camilan, diolah menjadi campuran salad, jus tanpa gula, smoothies dan lainnya.


Pisang

Pisang dikenal sebagai potasium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam ukuran sedang, pisang mengandung 3.3 gram serat dan 112 kalori, sehingga baik dikonsumsi sebagai makanan sela saat menjalankan program diet. 

Menariknya, pisang bersifat basa sehingga aman dikonsumsi bersama susu sebagai menu makan malam, atau menu diet bagi mereka yang mengalami masalah asam lambung naik. 


Apel

Apel merupakan salah satu buah dengan kandungan serat yang serat yang sangat tinggi, mencapai 4.8 gram serat dalam apel berukuran sedang. Menariknya, kandungan kalorinya pun hanya 104 kalori dalam ukuran yang sama. Sangat direkomendasikan dijadikan sebagai cemilan diet. 

Untuk memaksimalkan program diet, Anda bisa memanfaatkan apel sebagai makanan sela, atau bisa dikonsumsi 1-2 jam sebelum jam makan tiba untuk menekan nafsu makan. 


Kiwi

Menurut US Office of Dietary Supplements, buah kiwi mengandung 44 kalori dan 2,3 gram serat. Tidak hanya itu, kiwi pun baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda, dapat membantu menurunkan gula darah dan mengendalikan tekanan darah. 

Di Indonesia sendiri kiwi biasanya digunakan sebagai campuran dalam menu salad buah atau es buah. Namun Anda bisa juga menyantapnya langsung, atau diolah menjadi jus.


Melon

Tidak hanya mengandung air yang cukup tinggi, melon merupakan sumber potasium, vitamin C, beta-karoten, dan likopen. Kandungan serat dalam buah melon pun tergolong tinggi, dan hanya menyediakan 40 kalori per 100 gram.

Anda bisa mengkonsumsi buah melon sebagai campuran salad buah, diolah menjadi smoothie, jus, atau dijadikan sebagai campuran es buah. Tapi ingat, hindari penggunaan gula tambahan.

Selain buah-buahan di atas, sebenarnya masih banyak buah yang mengandung serat tinggi dan rendah kalori yang bisa Anda jadikan sebagai cemilan diet, termasuk jeruk, semangka, dan lainnya. Tapi ingat, pastikan untuk mengimbangi program diet Anda dengan olahraga secara teratur. 


Referensi:

  1. Medical News Today. Diakses pada 2021. Best Fruits for Weight Loss: What to Know.
  2. Healthline. Diakses pada 2021. The 11 Best Fruits for Weight Loss.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya