Awas, Jajan Sembarangan Bisa Jadi Penyebab Maag
Health

Awas, Jajan Sembarangan Bisa Jadi Penyebab Maag

05 March 2021 - 3 menit membaca

Sakit maag merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang lambung. Umumnya, gejala maag bisa muncul berupa nyeri di sekitar ulu hati, mual, muntah, heartburn, sering sendawa, perut kembung, dan lainnya. Tingkat keparahannya tergantung dari gejala dan intensitas yang ditimbulkan. 

Sakit maag sendiri biasanya tidak terlalu berbahaya dan jarang berakibat fatal, namun sangat mengganggu produktifitas penderitanya, dan bisa diatasi dengan mengkonsumsi antasida. Namun karena gaya hidup yang buruk, sakit maag bisa kambuh kembali dan akan berkembang jadi penyakit yang lebih serius jika tidak ditangani dengan maksimal. 

Jajan Sembarangan Bisa Jadi Penyebab Maag

Penyebab sakit maag sendiri cukup banyak, mulai dari kebiasaan makan yang buruk, seperti telat makan, makan tidak dikunyah secara maksimal, konsumsi minuman beralkohol, kebiasaan merokok, tidur atau berbaring setelah makan, dan lainnya. 

Selain karena kebiasaan makan yang buruk, sakit maag pun bisa disebabkan karena infeksi bakteri Helicobacter pylori, konsumsi jenis obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, hingga tidak mampu mengelola stres dengan baik

Namun selain kondisi di atas, tahukah Anda jika sering jajan sembarangan pun bisa jadi penyebab maag? Meski tidak berkaitan secara langsung, namun jajan sembarangan bisa meningkatkan risiko infeksi bakteri Helicobacter pylori yang jadi penyebab utama sakit maag. 

Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini, salah satunya Helicobacter pylori merupakan jenis bakteri yang bisa hidup di dalam lambung, dan sangat mudah menular dengan beberapa cara, diantaranya: 

  • Kontak mulut atau air liur penderita sakit maag yang mengandung Helicobacter pylori dengan Anda. 
  • Konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi bakteri Helicobacter pylori.
  • Fecal-oral, atau lewat kotoran penderita sakit maag yang yang mengandung Helicobacter pylori.

Selain itu, Anda yang tinggal di lingkungan dengan sanitasi yang tidak baik, mengkonsumsi makanan atau air yang tidak dimasak dengan maksimal, hingga berbagi tempat tinggal dan menggunakan benda yang sama dengan penderita sakit maag, bisa meningkatkan resiko infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Maka dari itu, mulai sekarang mulailah untuk mengurangi kebiasaan jajan sembarangan. Jika terpaksa harus makan di luar, sebaiknya pilih tempat makan yang sudah terjamin kebersihannya, dan pastikan makanan yang disajikan dimasak hingga matang. 

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Gunakan sabun khusus pencuci tangan atau sabun anti-bakteri untuk memastikan kebersihan tangan dan alat makan Anda. 

Berbahaya Jika Terus Dibiarkan

Selain jadi penyebab sakit maag, jika tidak ditangani dengan baik, infeksi bakteri Helicobacter pylori ini bisa menyebabkan beberapa komplikasi yang cukup serius, diantaranya: 

  • Luka, hingga pendarahan di lambung
  • Peradangan saluran pencernaan (gastritis)
  • Perforasi lambung atau lambung bocor
  • Kanker lambung
  • Infeksi pada dinding peritoneum (peritonitis)

Untuk menangani sakit maag yang disebabkan karena infeksi bakteri Helicobacter pylori, dokter biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan, mulai dari tes darah, urea breath test, pemeriksaan feses, hingga endoskopi untuk memastikan adanya tanda-tanda infeksi bakteri ini secara visual. 

Jika sudah dipastikan infeksi bakteri Helicobacter pylori jadi penyebab sakit maag Anda, dokter umumnya akan meresepkan beberapa obat, diantaranya antibiotik,obat penghambat pompa proton, penghambat histamin-2, hingga obat antidiare. Kepatuhan pasien dalam pengobatan sangat menentukan keberhasilan terapi.

Upaya deteksi dini sangat dibutuhkan sebagai upaya pencegahan komplikasi, sekaligus mempercepat proses pengobatan sakit maag yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, sekaligus mencegah resiko komplikasi yang mungkin bisa datang menyerang Anda. 

Referensi: 

  1. Healthline. Diakses pada 2021. What is an H. pylori infection?
  2. WebMD. Diakses pada 2021. H. pylori Bacteria Infection: Symptoms, Diagnosis, dan Treatment
Artikel Terkait
uploads/2/2019-09/a1_nyeri_ulu_hati_saat_hamil_min.jpg
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

uploads/2/2019-08/l12_gejala_penyakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai