penyebab sakit maag
Ahlinya Lambung

Awas, 7 Makanan Kekinian Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Maag

10 September 2019 - 3 menit membaca

Penyebab sakit maag bisa berawal dari makanan yang kamu pilih. Nah, selama ini apakah kamu sudah memperhatikan makanan yang masuk ke perutmu? Berbagai daftar makanan kekinian dalam artikel ini ternyata bisa menjadi penyebab sakit maag, lho.

Makanan kekinian penyebab sakit maag


Sekarang ini amat banyak variasi makanan yang terlihat menggiurkan. Jika tidak bijak memilih makanan, tentu saja risiko naiknya asam lambung dan terkena sakit maag bisa terjadi.

Maka dari itu, kamu wajib tahu beberapa daftar makanan kekinian yang bisa jadi penyebab sakit maag berikut ini.

1. Gorengan


Sensasi gorengan memang bikin kita jadi ketagihan. Namun, makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak ini ternyata memicu pelepasan hormon kolesistokinin (CCK). Hormon ini melemahkan sfingter esofagus, otot berbentuk cincin yang normalnya akan membuka saat menelan makanan atau bersendawa.
Makanan atau minuman tertentu bisa membuat otot ini jadi lemah sehingga asam lambung naik dan menjadi penyebab Anda sakit maag. 

2. Camilan berbahan cokelat


Ada banyak sekali makanan kekinian kreasi cokelat yang dikemas secara menarik, misalnya saja pisang nugget yang berlumur cokelat, martabak manis cokelat kacang, hingga es krim dengan ekstra topping cokelat. Tentu sangat sulit menahan godaan makanan ini.
Meski bisa melepaskan serotonin, si hormon bahagia, nyatanya hormon yang satu ini juga dapat melemahkan sfingter esofagus, seperti halnya makanan berlemak. 

Cokelat mengandung senyawa theobromine, methylxanthine, dan kafein. Keduanya bisa memicu sfingter esofagus bagian bawah tidak bekerja optimal karena otot menjadi lemah.
Selain bikin sakit maag, dampak jangka panjang juga bisa menyebabkan kenaikan asam lambung yang menyebabkan sensasi terbakar atau heartburn.

3. Makaroni pedas


Siapa yang tidak tergiur dengan rasa gurih makaroni pedas garing dengan level pedas tertinggi? Tidak hanya makaroni pedas, ragam makanan pedas lain dengan level kepedasan tertentu juga membuat orang penasaran.
Sayangnya, makanan seperti ini juga menjadi salah satu penyebab sakit maag yang kamu rasakan. Efek samping makan makanan pedas adalah melepaskan
hormon capsaicin yang menyebabkan pengosongan lambung menjadi lambat. Kondisi ini tentu berisiko meningkatkan asam lambung.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bubuk cabai juga dapat menghambat kerja sistem cerna. Jadi, tidak heran apabila kamu merasa sering mulas setelah makan makanan pedas. 

4. Boba milk tea


Ini dia satu minuman kekinian yang hampir semua orang pernah coba. Rasa manis dan sensasi kenyal dari boba memang bikin ketagihan.
Sesuai namanya, milk tea jelas mengandung susu. Bagi orang sakit maag, susu bisa jadi “musuh” bagi lambung, apalagi jika itu full cream. Susu tinggi lemak bisa jadi penyebab sakit maag karena meningkatkan produksi asam lambung. 

5. Bawang bombai 


Kamu tentu sering kali menemukan bawang bombai di restoran cepat saji sebagai pendamping pasta, hamburger, pizza, atau makanan kekinian lainnya. Terkadang disajikan mentah tanpa diproses.
Meski lezat, bawang bombai juga jadi salah satu makanan yang menjadi penyebab maag kamu semakin parah. 
Bawang bombai mentah punya dampak yang sama, yaitu melemahkan sfingter esofagus bagian bawah. Selain itu, makanan satu ini juga mengandung serat
tinggi sehingga menyebabkan sendawa yang akan memperburuk gejala naiknya asam lambung.  

6. Keripik asin


Keripik asin jadi camilan yang asyik dan paling tepat untuk menemani kerja. Sayangnya, keripik asin mengandung garam yang melebihi asupan normal harian.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kerap menambahkan garam ke dalam makanannya memiliki risiko kenaikan asam lambung sebesar 70% ketimbang mereka yang tidak. 
Memang tak sepenuhnya asupan garam bisa jadi penyebab sakit maag. Namun, makan makanan yang mengandung garam, berlemak, dan digoreng meningkatkan risiko tersebut. 

7. Rujak


Kamu mungkin mengira rujak pasti sehat karena berisi berbagai macam buah. Namun, bagi orang dengan sakit maag, makanan satu ini justru bisa jadi penyebab gejalanya memburuk.

Rujak berisi buah-buahan lengkap dengan bumbunya yang pedas. Kalau ingin menjadikan rujak sebagai camilan, kamu mungkin perlu berpikir ulang.
Selain bumbunya yang bisa memperburuk gejala maag, beberapa buah di dalamnya memiliki efek sama. 

Buah yang perlu dihindari adalah buah-buahan yang asam seperti nanas dan kedondong. Keduanya mengandung asam yang tinggi yang dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan naiknya asam lambung, sehingga menimbulkan sakit maag.
Makanan dan minuman kekinian memang tampak sangat menggiurkan. Namun, kamu perlu bijak memilih makanan itu agar tak jadi penyebab gejala sakit maag yang kamu rasakan memburuk.

Apabila merasakan gejala maag memburuk, kamu bisa segera minum Promag untuk meredakan gejalanya. Promag dalam bentuk tablet dan cair dapat membantu mengurangi gejala mulas dan mual akibat sakit maag. 
 

Reference : 


11 Foods That Can Cause Heartburn. https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-cause-heartburn#section5. Diakses 29 Agustus 2019.
What to drink if you have acid reflux. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314886.php. Diakses 29 Agustus 2019.
The effect of chilli on gastrointestinal transit.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1543869. Diakses 29 Agustus 2019
Top 10 Heartburn Foods. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/features/top-10-heartburn-foods#1. Diakses 29 Agustus 2019
Common trigger foods for people with reflux. https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition#foods-to-avoid. Diakses 29 Agustus 2019.

Sumber foto: https://pixabay.com/photos/restaurant-people-men-women-eating-2602736/. Diakses 29 Agustus 2019

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif