asam lambung naik saat hamil
Ahlinya Lambung

Asam Lambung Naik Saat Hamil, Ini yang Harus Dilakukan

28 August 2019 - 3 menit membaca

Asam lambung naik saat hamil bisa membuat ibu hamil (bumil) tidak nyaman beraktivitas. Kondisi ini bisa kian parah jika bumil juga mengalami gejala lainnya yang biasa muncul saat hamil, misalnya morning sickness. Supaya kegiatan harian tidak terganggu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika asam lambung naik ketika hamil.

Ternyata, asam lambung mudah naik saat hamil

Pada kondisi normal, makanan yang masuk melalui mulut akan mengalir ke perut melewati kerongkongan (esofagus) terlebih dahulu. Kerongkongan merupakan saluran penghubung antara mulut dengan organ pencernaan di perut, yang dilengkapi oleh katup berotot bernama sfingter.

Katup tersebut memiliki fungsi utama sebagai pintu masuk makanan dan minuman saja. Sfingter juga bertugas sebagai penghalang agar asam pada lambung tidak dapat naik ke kerongkongan.

Kenaikan asam lambung itu sendiri, dapat terjadi ketika otot sfingter bagian bawah kerongkongan melemah. Akibatnya, asam lambung mudah naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan sekumpulan gejala yang tentu sangat mengganggu.

Sementara, saat hamil ternyata kekuatan katup otot kerongkongan cenderung melemah karena perubahan kadar hormon progesteron. Kondisi ini akhirnya membuat asam lambung mudah naik saat hamil.

Di sisi lain, hormon progesteron bisa menyebabkan proses pencernaan makanan jadi lebih lambat. Bahkan, perubahan ukuran perut yang semakin membesar dari waktu ke waktu juga dapat memicu kenaikan cairan asam, karena adanya tekanan pada lambung.

Semua hal tersebut membuat ibu hamil rentan mengalami gangguan asam lambung naik.

Penyebab lain asam lambung naik saat hamil

Selain akibat perubahan hormon saat hamil, masih ada berbagai hal lainnya yang juga dapat mengakibatkan asam lambung naik, yakni:

  • Makan dalam porsi terlalu banyak.
  • Gemar makan makanan tinggi lemak.
  • Hobi makan makanan berlemak dan pedas.
  • Jam makan berdekatan dengan jam tidur.
  • Langsung berbaring atau tidur setelah makan.
  • Langsung melakukan berbagai kegiatan setelah makan.

Gejala asam lambung naik yang bisa dialami ibu hamil

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan keluhan akibat asam lambung naik pada umumnya. Bumil juga bisa mengalami berbagai gejala berikut ini saat asam lambungnya meningkat:

● Mual dan muntah

● Sering sendawa

● Perut kembung

● Muncul sensasi terbakar di dada (heartburn)

● Sakit perut

Bagaimana cara mengatasi asam lambung yang naik saat hamil?

Bagi kamu yang sedang hamil, tak perlu khawatir ketika asam lambung tiba-tiba naik dan terasa mengganggu. Pasalnya, ada berbagai cara jitu yang bisa bumil lakukan untuk meredakannya, seperti:


1. Minum obat penurun asam lambung

Bumil memang dianjurkan agar tidak sembarangan dalam minum obat-obatan. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum minum obat untuk mengatasi asam lambung.

Salah satu jenis obat bisa diminum untuk menurunkan asam lambung yang naik saat hamil yaitu antasida. Jika ingin lebih praktis dan cepat atasi asam lambung, bumil bisa minum Promag Double Action yang merupakan golongan antasida.

Promag Double Action mengandung kalsium karbonat, magnesium hidroksida dan famotidine. Ketiga kandungan obat ini cukup aman dikonsumsi oleh bumil. Magnesium hidroksida dan famotidine termasuk ke dalam kategori B, yaitu obat yang tidak terbukti memiliki risiko bagi bumil dari hasil beberapa penelitian.

Sementara kalsium karbonat yang dikonsumsi selama kehamilan pun juga terbilang cukup aman, asalkan sesuai dengan dosis yang direkomendasikan. Melebihi dosis bisa menimbulkan efek negatif untuk janin.

Untuk itu, selalu diskusikan dengan dokter dulu mengenai obat-obatan yang dikonsumsi selama kehamilan. Selain itu, sebaiknya jangan mengonsumsi obat ini bersamaan dengan suplemen zat besi, karena dapat memengaruhi penyerapannya.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir, asalkan penggunaan dalam dosis yang sesuai, Promag Double Action bisa menjadi solusi di saat asam lambung naik. Ini karena Promag Double Action bekerja ganda dengan cara menetralkan kembali kadar asam lambung, sekaligus menurunkan produksi asam lambung lebih lama.


2. Makan secukupnya

Makan dalam porsi besar memang mengenyangkan. Namun hati-hati, kondisi ini ternyata dapat memicu asam lambung naik saat hamil.

Porsi makanan terlalu banyak dapat menimbulkan tekanan yang cukup besar pada otot katup kerongkongan. Kondisi ini kemudian membuatnya melemah, sehingga mudah terbuka dan memicu asam lambung naik.

Maka itu, selain dengan minum obat asam lambung yang aman saat hamil, bumil juga disarankan untuk makan dalam porsi secukupnya.


3. Pilih sumber makanan yang tepat

Pemilihan sumber makanan tidak boleh sembarangan. Sebab beberapa jenis makanan dapat memicu asam lambung naik saat kamu sedang hamil.

Hindari beberapa jenis makanan dan minuman berikut jika tidak ingin gejala asam lambung semakin memburuk:

● Makanan pedas

● Makanan asin

● Makanan tinggi lemak

● Makanan dan minuman asam

● Minuman berkafein seperti kopi dan cokelat

● Minuman bersoda dan berkarbonasi

Bila keluhan asam lambung naik saat hamil tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.


Referensi:

Heartburn, Acid Reflux, and GERD During Pregnancy. https://www.healthline.com/health/gerd/pregnancy Diakses pada 15 Juli 2019.

Pregnancy and Heartburn. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/heartburn-during-pregnancy/ Diakses pada 15 Juli 2019.

Indigestion and Heartburn in Pregnancy. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/indigestion-and-heartburn-in-pregnancy Diakses pada 15 Juli 2019.

Pregnancy and Heartburn. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=pregnancy-and-heartburn-134-10 Diakses pada 15 Juli 2019.

Heartburn During Pregnancy. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/heartburn-during-pregnancy Diakses pada 15 Juli 2019.

14 Ways to Prevent Heartburn and Acid Reflux. https://www.healthline.com/nutrition/heartburn-acid-reflux-remedies Diakses pada 15 Juli 2019.

Home Remedies for Acid Reflux and Heartburn Relief. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323170.php Diakses pada 15 Juli 2019.

Calcium Carbonate. https://www.mims.com/malaysia/drug/info/calcium%20carbonate?mtype=generic Diakses pada 15 Juli 2019.

Magnesium Hydroxide. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/magnesium%20hydroxide?mtype=generic Diakses pada 16 Juli 2019.

Famotidine. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/famotidine?mtype=generic Diakses pada 16 Juli 2019.

Over-the-Counter Medications in Pregnancy. https://www.aafp.org/afp/2003/0615/p2517.html Diakses pada 16 Juli 2019.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai