Asam Lambung Naik? Jangan Khawatir, Ini Cara Gampang Mengobatinya
Ahlinya Lambung

Asam Lambung Naik? Jangan Khawatir, Ini Cara Gampang Mengobatinya

17 February 2021 - 3 menit membaca

Penyakit asam lambung terjadi akibat zat asam yang berfungsi untuk mencerna makanan di lambung, bergerak naik hingga kerongkongan. Kondisi ini berlangsung sangat cepat dan bisa terjadi di mana saja, sehingga Anda perlu cara yang cepat dan tepat untuk mengobati asam lambung ini. 

Gejala asam lambung naik sendiri cukup mudah dikenali, diantaranya muncul sensasi asam di mulut, perut terasa perih, tenggorokan seperti terbakar, mual, dan gangguan lainnya. Tentu sangat merepotkan jika masalah asam lambung ini kambuh saat Anda masih beraktivitas. 

Dikutip dari WebMD, berikut merupakan beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah masalah asam lambung kambuh saat Anda beraktivitas. 

  1. Hindari makanan dan minuman pemicu refluks, seperti makanan tinggi lemak, minuman bersoda, kafein, makanan pedas, cokelat, dan lainnya.
  2. Untuk meringankan kinerja sistem pencernaan Anda, konsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi, seperti sayuran hijau, dan buah-buahan.
  3. Ganti sumber karbohidrat Anda dengan golongan karbohidrat kompleks, seperti sereal, roti gandum utuh, beras merah dan lainnya.
  4. Gunakan pola makan sedikit tapi sering, hal ini dilakukan untuk membantu meringankan kinerja lambung dalam memproses makanan. Anda bisa memakai pola makan 5-6 kali sehari, dengan 3 kali makan besar dan sisanya konsumsi camilan sehat. 
  5. Jangan langsung tidur atau berbaring setelah makan, hal ini bisa memicu naiknya asam lambung dan menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan (heartburn). 
  6. Pastikan makanan dikunyah hingga benar-benar lembut sebelum ditelan. Selain itu, makanlah secara perlahan agar sistem pencernaan lebih mudah memprosesnya
  7. Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan buruk tersebut bisa menurunkan efektivitas otot yang menjaga keseimbangan asam di lambung. 
  8. Hindari stres karena bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat, terlebih jika Anda memiliki gangguan emotional eating atau kebiasaan makan banyak saat stres.

Selain trik di atas, Anda pun disarankan untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health, menemukan fakta jika obesitas merupakan salah satu faktor tertinggi penyebab masalah asam lambung. 

Masalah kelebihan berat badan diketahui dapat membuat sfingter esofagus menjadi lemas, sehingga mukosa esofagus akan terpapar kandungan lambung. Selain itu, obesitas pun berkaitan erat dengan peningkatan resiko komplikasi GERD, seperti adenokarsinoma esofagus dan esofagitis erosif. 

Mengobati Asam Lambung Dengan Cepat

Seperti disebutkan diatas, masalah asam lambung ini bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, sehingga berpotensi mengganggu aktivitas Anda. Untuk menurunkan resiko tersebut, Anda butuh solusi cepat dan praktis untuk mengobati asam lambung

PROMAG Double Action merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah kelebihan asam lambung, yang ditandai dengan gejala seperti tukak lambung, gastritis, nyeri lambung, nyeri ulu hati dan tukak usus dua belas, dengan sangat cepat dan efektif.

Obat yang diproduksi oleh Kalbe Farma ini mengandung Famotidine, Magnesium Hydroxide, dan Calcium Carbonate, yang bekerja langsung menetralkan asam lambung, sekaligus menjaga produksi asam lambung tetap normal dalam waktu yang lama.

Jangan khawatir, PROMAG Double Action dipastikan aman dikonsumsi oleh dewasa hingga anak-anak (baca petunjuk penggunaan yang tertera di balik kemasan). Jika gejala asam lambung masih belum membaik, sebaiknya segera hubungi dokter untuk informasi lebih lanjut. 

Ingat asam lambung merupakan salah satu masalah yang harus segera dituntaskan. Makin cepat Anda mengobati asam lambung, Anda akan semakin tenang saat menjalani aktivitas sehari-hari.


Referensi:

  1. WebMD. Diakses pada 2020. Gastritis: Symptoms, Causes, Treatments, and More
  2. Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gastritis - Diagnosis and treatment
  3. NCBI Bookshelf. Diakses pada 2020. Gastritis - StatPearls
Artikel Terkait
uploads/2/2019-08/l3_sakit_maag.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

uploads/2/2019-08/l5_cara_menurunkan_asam_lambung_yang_efektif.jpg
Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

uploads/2/2019-08/l2_asam_lambung.jpg
Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya