Apakah Sakit Maag Bisa Sembuh Total?
Ahlinya Lambung

Apakah Sakit Maag Bisa Sembuh Total?

23 December 2021 - 3 menit membaca




Sakit maag merupakan penyakit yang ditandai dengan munculnya gejala perut kembung, mual, dan mulas. Saat kambuh, terkadang sakit maag membawa beberapa gejala lainnya, seperti perut seperti terbakar, nyeri di ulu hati, hingga tenggorokan yang terasa panas terbakar. 

Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi penyakit ini, namun sayang salah satu jenis sindrom pencernaan ini kerap kambuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak orang berpendapat jika sakit maag merupakan penyakit yang tidak akan bisa disembuhkan secara total. 

Benarkah Sakit Maag Tidak Bisa Disembuhkan?

Saat sakit maag kambuh, banyak orang yang langsung mengkonsumsi obat-obatan jenis antasida atau H2 Blocker. Tidak salah, mengingat setelah beberapa saat mengkonsumsi obat tersebut, gejala sakit maag tersebut akan berangsur menghilang dan Anda pun bisa kembali beraktivitas. 

Namun tidak sembuh total. Dilansir dalam Medical News Today, konsumsi obat-obatan tersebut hanya berfungsi untuk meringankan gejala sakit maag, atau mencegah munculnya gejala sakit maag. Tidak menyembuhkan sakit maag secara total. 

Terkait apakah bisa disembuhkan secara total, maka Anda harus mengetahui dulu apa penyebab dari sakit maag tersebut. Ada beberapa faktor yang bisa jadi pemicu munculnya sakit maag, diantaranya: 

  • Luka terbuka di lapisan dalam lambung atau tukak lambung. Kondisi ini bisa disebabkan karena banyak faktor, salah satunya paparan asam lambung secara terus menerus. 
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori. Infeksi ini bisa menyebabkan banyak dampak buruk bagi lambung dan organ pencernaan Anda, termasuk menyebabkan lambung terluka. 
  • Efek samping penggunaan obat antiinflamasi non-steroid, seperti diclofenac, ibuprofen dan obat antibiotik yang dikonsumsi dalam jangka panjang.
  • Faktor gaya hidup buruk, seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, makan banyak di satu waktu, jadwal makan yang berantakan, dan lainnya.
  • Faktor penyakit tertentu yang menyebabkan asam lambung naik, dan berpotensi melukai lambung, misalnya gastritis atau peradangan lambung, penyakit iskemia usus, dan celiac.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan mengumpulkan data dengan menganalisa pola hidup, riwayat kesehatan dan lainnya. Setelah itu, proses terapi sakit maag bisa dilakukan sesuai dengan penyebab utamanya. 

Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Maag

Seperti dijelaskan di atas, sakit maag merupakan penyakit yang cukup sulit disembuhkan secara total. Namun Anda bisa melakukan upaya pencegahan agar gejala sakit maag tidak muncul kembali, dan meningkatkan harapan untuk menyembuhkannya secara total. 

Dilansir dalam WebMD, berikut merupakan pola hidup sehat yang wajib dijalankan pasien sakit maag. 

  • Berhenti merokok sekarang juga. Pasalnya, rokok dalam melemahkan sfingter esofagus yang berfungsi menjaga asam lambung tidak naik hingga kerongkongan. 
  • Jika Anda mengalami obesitas, segera mulai program diet sehat dan berolahraga secara rutin. Dengan berat badan yang sehat, resiko sakit maag kambuh akan bisa diminimalisir. 
  • Konsumsi makanan sehat, terutama makanan yang dapat membantu memperkuat sistem pencernaan. Hindari makanan tinggi asam olahan, kafein, garam dan gula. 
  • Jangan berlebihan saat makan. Anda disarankan untuk makan dalam porsi kecil, tapi sering. Jika biasanya makan 3 kali sehari, cobalah membaginya menjadi 5 kali sehari.
  • Hindari berbaring atau tidur dalam kondisi perut kenyang. Ini dilakukan untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Makanya sangat disarankan untuk makan malam sebelum jam 7 malam. 
  • Jauhi konsumsi minuman alkohol. Hal ini disebabkan karena alkohol dapat mengiritasi lambung, dan merusak organ pencernaan secara umum. 
  • Makan secara perlahan, dan biasanya untuk mengunyahnya hingga lembut sebelum Anda menelannya. Ini penting untuk membantu memudahkan kinerja lambung.

Yang paling penting, tetap berhubungan dengan dokter dan pastikan Anda mengikuti semua anjurannya. Dengan cara seperti ini, resiko sakit maag kambuh akan bisa ditekan, sekaligus dapat membantu meningkatkan harapan kesembuhan sakit maag secara total. 


Referensi :

  1. Medical News Today. Diakses pada 2021. Everything you need to know about GERD.
  2. WebMD. Diakses pada 2021. What Is Heartburn?




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya