Anda Wajib Tahu! Ini Superfood Yang Baik Untuk Asam Lambung
Ahlinya Lambung

Anda Wajib Tahu! Ini Superfood Yang Baik Untuk Asam Lambung

12 August 2021 - 3 menit membaca

Madu merupakan salah satu bahan alami serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Selain baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan, madu pun berguna untuk menjaga kecantikan kulit, rambut, hingga bisa digunakan sebagai pelezat makanan. 

Secara spesifik, salah satu manfaat madu yang cukup populer adalah, diklaim sebagai superfood yang efektif mengatasi masalah asam lambung. Hal ini tentu berkaitan dengan sifat probiotik dalam madu yang terbukti mampu membantu menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. 

Selain itu, madu pun mengandung vitamin, enzim, mineral, dan asam amino yang sangat tinggi. Ini belum termasuk sifat anti-bakteri pada madu yang terbukti efektif mengatasi masalah radang tenggorokan, meredakan batuk, mengatasi masalah kulit, dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Cara Kerja Madu untuk Membantu Meredakan Asam Lambung


Madu Efektif Meredakan Refluks Asam

Seperti disebutkan diatas, madu merupakan sumber antioksidan kuat yang efektif membantu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas secara berlebih. Menurut beberapa penelitian, masalah asam lambung terjadi sebagai akibat dari radikal yang merusak sel-sel saluran pencernaan. 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Research, selain memanfaatkan sifat antioksidan kuat di dalam madu, produk yang berasal dari lebah ini efektif mengurangi peradangan di kerongkongan, dan menurunkan resiko batter esofagus. 

Selain itu, tekstur madu yang lengket dan pekat pun efektif melapisi selaput lendir kerongkongan dengan lebih baik. Kondisi ini akan membuat bagian kerongkongan lebih sehat dan terlindung dari dampak buruk akibat paparan asam lambung berlebih.

Sementara itu, penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal menyebut jika manfaat madu tidak hanya ampuh melindungi kerongkongan, tapi juga mampu melindungi dinding lambung dari paparan asam lambung berlebih, dan mampu menurunkan produksi asam lambung. 

Dalam catatan lainnya, madu bersifat sebagai anti-bakteri. Sifat ini diklaim sangat ampuh melawan Helicobacter pylori, bakteri yang selama ini diketahui sebagai penyebab utama sakit maag. 

Baca juga: Benarkah Madu Bisa Atasi Masalah Lambung? Ini Jawabannya!


Cara Konsumsi Madu Untuk Asam Lambung

Untuk mengatasi asam lambung, Anda bisa rutin mengkonsumsi madu dengan cara, mencampurkan 1 sdm madu ke dalam air, kemudian jadikan sebagai minuman pertama. Anda pun bisa menambahkan madu sebagai pemanis ke dalam infused water atau minuman sehari-hari.

Jika ingin mendapatkan sensasi yang lebih menyegarkan, dan lebih ramah di lambung, Anda bisa mencampurkan madu dengan yoghurt, atau dijadikan sebagai pemanis salad buah, pemanis rujak alpukat dan lainnya. Sajian spesial ini bisa dimasukkan ke dalam menu makan siang Anda.

Trik lainnya, Anda bisa menjadikan madu sebagai pengganti gula saat menikmati secangkir teh herbal, jadi pemanis pada resep minuman jahe, atau bisa juga dijadikan sebagai pengganti selai pada menu sarapan bersama roti gandum, atau pancake. 

Tapi ingat, agar manfaat madu bisa Anda rasakan lebih maksimal, pastikan untuk memilih madu asli. Namun jika Anda memilih madu yang sudah diracik khusus untuk mengatasi masalah asam lambung, pastikan produk tersebut tidak mengandung gula tambahan.

Selain itu, wanita hamil dan bayi di bawah 2 tahun disarankan agar tidak mengkonsumsi madu alami. Hal yang sama berlaku bagi penderita diabetes, mengingat beberapa produk madu sudah mendapat gula tambahan dan berisiko meningkatkan kadar gula darah. 

Baca juga: Manfaat Madu untuk Melindungi Lambung dan Mencegah Sakit Maag


Referensi:

  1. Livestrong.com. Diakses pada 2021. Honey and Acid Reflux.
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Can You Use Honey to Treat Acid Reflux?
  3. Healthline. Diakses pada 2021. Surprising Health Benefits of Honey
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya