Amankah Pengidap Asam Lambung Konsumsi Buah Mangga?
Ahlinya Lambung

Amankah Pengidap Asam Lambung Konsumsi Buah Mangga?

12 August 2021 - 3 menit membaca

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak tumbuh di Indonesia. Ada banyak jenis buah mangga yang bisa Anda dapatkan di Indonesia, mulai dari harum manis, gedong gincu, manalagi, mangga golek, hingga mangga alpukat yang masuk dalam varietas unggulan baru.

Sama seperti buah lainnya, ada banyak kandungan nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi buah mangga diantaranya adalah:

  • Mangga mengandung senyawa antioksidan polifenol yang berfungsi menangkal radikal bebas, dan mencegah kerusakan sel akibat stress oksidatif.
  • Dalam 165 gram daging buah mangga terkandung vitamin A yang mampu memenuhi sebanyak 10 persen dari total kebutuhan vitamin A harian. 
  • Dalam ukuran yang sama, Anda sudah mampu memenuhi hampir 75 persen kebutuhan vitamin C harian, dan sejumlah nutrisis lainnya, seperti vitamin E, K, B, dan folat.
  • Mangga mengandung magnesium dan kalium yang efektif meningkatkan kinerja jantung, menjaga kesehatan denyut nadi, pembuluh darah, dan menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Mangga mengandung amilase, enzim pencernaan yang berfungsi menjaga kinerja sistem pencernaan dengan cara memecah molekul makanan agar lebih mudah diserap tubuh.
  • Mangga mengandung cairan dan serat dalam jumlah yang banyak, sehingga bisa diandalkan untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.
  • Mangga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang berfungsi menjaga kesehatan penglihatan, dan mampu melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.


Selain itu, masih banyak manfaat lainnya buah mangga untuk kesehatan, diantaranya mampu meningkatkan kesehatan kulit, rambut, menurunkan risiko kanker, dan lainnya.

Baca juga: Tomat Sebabkan Meningkatnya Asam Lambung. Mitos atau Fakta?

Amankah Bagi Penyakit Asam Lambung?


Makanan asam merupakan salah satu hal yang jadi pantangan bagi penderita asam lambung. Meski klaim ini masih jadi perdebatan, namun faktanya ada banyak faktor yang saling berkaitan antara kekambuhan penyakit asam lambung dengan konsumsi makanan asam.


Saat ini terjadi, biasanya penderita asam lambung akan merasakan sensasi panas di tenggorokan, dada terasa terbakar, sering bersendawa, bau mulut, perasaan mual, muntah, perih, perut terasa kembung, dan sejumlah gejala lainnya, 


Terkait buah mangga, Anda justru sangat disarankan untuk mengkonsumsinya. Ada banyak alasan yang mendasarinya, salah satunya kandungan antioksidan dan beberapa nutrisi penting lainnya, yang dipercaya dapat melindungi dan menjaga kesehatan lambung.


Selain itu, kemampuan mangga dalam membantu sistem pencernaan pun tidak diragukan lagi. Hal ini secara tidak langsung meringankan kinerja lambung, sehingga proses penghancuran makanan tidak terlalu banyak melibatkan asam lambung


Yang paling mendasar, mangga tidak termasuk dalam kategori buah yang bersifat asam. Justru sebaliknya, mangga justru cenderung bersifat basa sehingga aman dikonsumsi pasien asam lambung. 


Cara Konsumsi Buah Mangga 


Meski aman dikonsumsi, bukan berarti Anda boleh menyantap semua jenis mangga. Ada beberapa jenis mangga yang justrunya rasanya sangat asam (terutama saat masih belum matang sempurna atau mangga yang dipanen saat masih muda), sehingga bisa mendatangkan masalah bagi kesehatan. 


Cobalah untuk memilih buah mangga dari jenis mangga manalagi, mangga golek, mangga harum manis, mangga madu, mangga gedong gincu dan lainnya. Jika ingin merasakan sensasi buah mangga yang unik, Anda bisa mencoba mangga alpukat. 


Tapi ingat, jangan berlebihan saat mengkonsumsinya. Anda bisa mengkonsumsi 1 buah mangga per hari, baik dikonsumsi langsung, diolah menjadi jus, atau bisa juga dijadikan sebagai olahan es buah.


Referensi:

  1. Livestrong. Diakses pada 2021. Mango and Heartburn.
  2. Healthline. Diakses pada 2021. Mango: Nutrition, Health Benefits and How to Eat It
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya