Alasan Penderita Maag Dilarang Konsumsi Makanan Tinggi Lemak
Ahlinya Lambung

Alasan Penderita Maag Dilarang Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

22 December 2021 - 3 menit membaca




Untuk mencegah sakit maag kambuh dan bertambah parah, ada banyak makanan yang harus dihindari oleh mereka yang menderita sakit maag. Salah satunya adalah makanan yang mengandung lemak  trans dan lemak jenuh. Keduanya diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengenal Lemak

Lemak sebenarnya salah satu sumber energi tinggi yang bisa digunakan sebagai bekal beraktivitas. Dengan adanya lemak, Anda bisa menyerap beberapa vitamin larut lemak lainnya, seperti vitamin A, D, dan E. Namun jika tidak digunakan, lemak akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan obesitas. 

Secara garis besar, lemak sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yakni 

  • Lemak tak jenuh, dikenal dengan sebutan lemak baik. Lemak ini dibagi dalam dua jenis, yakni lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.
  • Lemak jenuh, merupakan jenis lemak yang banyak ditemukan pada banyak makanan, dan tergolong lemak netral. Anda membutuhkannya, tapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebih.
  • Lemak trans, dikenal sebagai lemak jahat. Anda bisa menemukan jenis lemak ini pada beberapa jenis makanan yang digoreng, biskuit, dan lainnya. 

Dari ketiga jenis lemak di atas, lemak jenuh dan lemak trans merupakan jenis lemak yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya, terlebih untuk jenis lemak trans. Ini mutlak wajib dijauhi oleh Anda yang menderita penyakit maag. 

Sakit Maag Sebaiknya Hindari Lemak

Seperti dijelaskan di atas, penderita sakit maag dilarang atau disarankan untuk menjauhi makanan tinggi lemak. Lemak yang dimaksud disini adalah lemak trans. Sementara untuk lemak jenuh disarankan untuk dibatasi konsumsinya dan lemak tak jenuh, Anda masih diperbolehkan.

Alasannya, makanan tinggi lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna karena harus dipecah menjadi partikel yang jauh lebih kecil agar bisa diserap oleh usus halus. Hal inilah yang membuat kinerja ginjal Anda akan lebih berat.

Tidak hanya itu, untuk memecah makanan yang mengandung tinggi lemak, kebutuhan cairan asam akan menjadi meningkat. Makin banyak makanan tinggi lemak yang masuk ke dalam tubuh, otomatis produksi asam lambung akan meningkat.

Di saat bersamaan, makanan tersebut akan memicu produksi hormon kolesistokinin, yang bertugas mengendurkan sfingter esofagus. Kombinasi produksi asam lemak dan mengendurnya sfingter esofagus akan membuat asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

Kondisi inilah yang membuat Anda sering merasa mulas, timbul sensasi panas di dada dan kerongkongan, dan bau nafas tak sedap setelah mengkonsumsi makanan tinggi lemak.

Makanan Tinggi Lemak yang Wajib Dijauhi

Seperti dijelaskan di atas, lemak trans merupakan daftar makanan yang wajib Anda jauhi, sementara lemak jenuh harus dibatasi konsumsinya.

Ada beberapa contoh makanan yang mengandung lemak tinggi dan wajib Anda jauhi, atau minimalnya dikurangi konsumsinya, diantaranya.

  • Keripik kentang, kentang goreng, tepung goreng dan berbagai jenis goreng lainnya.
  • Produk susu tinggi lemak, seperti keju, butter, krim asam dan lainnya. Produk ini sebaiknya dibatasi konsumsinya. 
  • Es krim, daging sapi, jeroan, daging kambing dan lainnya. Makanan ini sebaiknya dibatasi, bahkan cenderung dihindari jika sakit maag Anda cukup parah.
  • Burger, Pizza, goreng ayam tepung, dan makanan cepat saji lainnya. 

Sementara untuk lemak baik atau lemak tak jenuh yang boleh dikonsumsi, contohnya minyak zaitun, alpukat, daging ikan, walnut, biji rami dan lainnya. Meski mengandung lemak, makanan-makanan tersebut mengandung asam oleat yang baik untuk mengurangi reaksi peradangan di lambung.

Selain itu, lemak tak jenuh mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan sejumlah manfaat lainnya.


Referensi: 

  1. Livestrong. Diakses pada 2021. Abdominal Pain After Eating Greasy Foods. 
  2. Healthline. Diakses pada 2021. 11 Foods That Can Cause Heartburn. 
  3. WebMD. Diakses pada 2021. Common Heartburn Triggers. 
  4. WebMD. Diakses pada 2021. Types of Fat in Food: Understanding the Different Dietary Fats




Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya