Agar Manfaatnya Lebih Maksimal. Begini Cara Terbaik Mengolah Sayuran
Lifestyle

Agar Manfaatnya Lebih Maksimal. Begini Cara Terbaik Mengolah Sayuran

12 August 2021 - 3 menit membaca

Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi setiap hari. Selain kandungan seratnya yang efektif menjaga kesehatan sistem pencernaan, sayuran pun mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan, mulai dari vitamin, mineral, dan lainnya.

Bahkan beberapa jenis sayuran, seperti tomat, bayam, paprika, wortel dan lainnya, mengandung zat khusus. Misalnya tomat dan wortel yang mengandung likopen, sejenis zat antioksidan yang efektif sebagai anti-kanker, anti-radang dan mampu menjaga kesehatan paru-paru.

Kemudian bayam, sayuran hijau ini mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang, dan sejumlah manfaat lainnya. Sementara sayuran seperti okra atau oyong diklaim sebagai superfood yang baik untuk diet, mengatasi diabetes dan menjaga kesehatan jantung.


Perhatikan Cara Memasak Sayuran

Namun harus diingat, untuk mendapat manfaat yang maksimal, sayuran harus dipilih dan diolah dengan cara yang tepat. Jika tidak, beberapa kandungan nutrisinya malah akan menguap begitu saja. Berikut merupakan beberapa trik memasak sayuran dengan cara yang tepat.


  • Mengukus sayuran merupakan salah satu cara terbaik yang bisa Anda pilih untuk mengolah sayuran. Teknik ini lebih baik digunakan untuk beberapa jenis sayuran, seperti brokoli, kol, atau sayuran sejenis yang memiliki karakter dagingnya empuk dan cenderung tebal.
  • Menumis bisa jadi alternatif terbaik untuk Anda yang ingin mengolah beberapa sayuran berbatang, seperti kangkung, dan lainnya. Tapi ingat, batasi penggunaan minyak, dan sangat disarankan menumis dengan menggunakan VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak zaitun.
  • Memanggang sayuran bisa dilakukan untuk beberapa jenis sayuran seperti oyong, pare dan lainnya. Teknik ini tidak hanya mampu menjaga kandungan nutrisi dari sayuran, tapi juga mampu memunculkan sensasi rasa yang lebih unik.
  • Memasak menggunakan microwave bisa disebut sebagai cara paling praktis mengolah sayuran, tanpa takut kehilangan nutrisinya. Teknik mengolah sayuran dengan microwave umumnya tidak menggunakan air, sehingga minim terjadi penguapan nutrisi. 
  • Merebus merupakan cara paling populer untuk mengolah sayuran. Biasanya cara ini dilakukan untuk mengolah sayuran menjadi makanan berkuah, seperti sup dan lainnya. Untuk sayuran berdaun sebaiknya hanya disiram atau dibiarkan layu dalam air panas saja. 


Selain memperhatikan cara memasak sayuran, beberapa sayuran pun sebaiknya tidak dipanaskan atau dimasak secara berulang. Misalnya sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dan lainnya, yang bisa melepaskan sifat karsinogen pemicu kanker akibat kandungan nitratnya yang tinggi.

Pemanasan secara berulang atau mengolah sayuran dalam suhu tinggi (direbus dalam suhu yang sangat panas), bisa memicu oksidasi zat besi, dan bisa mengubahnya menjadi radikal bebas.

Sementara untuk tomat justru memiliki sifat yang cukup unik. Sayuran yang mengandung likopen tiga kali lebih tinggi ketimbang sayuran lainnya ini disarankan direbus lama (hingga bagian dagingnya lunak dan kulitnya keriput) agar kandungan likopennya ‘keluar’. 

Trik lainnya yang wajib diperhatikan, proses penyerapan likopen dalam tubuh membutuhkan bantuan lemak. Maka dari itu, sangat disarankan menyertakan makanan dengan kandungan lemak, seperti daging dan lainnya, saat sedang memasak tomat. 

Dengan cara memasak sayuran yang tepat, tidak hanya kandungan nutrisinya saja yang tetap terjaga, tapi juga akan membuat rasa dan tekstur sayuran tersebut tetap terjaga.  


Referensi:

  1. CNN. Diakses pada 2021. The healthiest ways to cook veggies and boost nutrition.
  2. NDTV Food. Diakses pada 2021. 7 Foods That You Must Stop Reheating Right Aways.
Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif

Ahlinya Lambung

Penyebab Asam Lambung Naik dan Berbagai Cara Mengatasinya