obat herbal alami
Ahlinya Lambung

5 Minuman yang Bisa Menjadi Obat Herbal Alami Redakan Gangguan Lambung

25 September 2020 - 3 menit membaca

Ramuan obat herbal alami bisa diperoleh dari bahan-bahan alam yang diseduh. Cara tradisional ini masih digemari masyarakat Indonesia untuk membuat kondisi kesehatan lebih membaik. Beberapa minuman herbal dapat meredakan masalah sistem pencernaan, termasuk  gangguan lambung.

Yuk, cari tahu apa saja minuman yang dapat cepat meredakan gejala awal maag.

Pilihan minuman sebagai obat herbal alami atasi gangguan lambung

Gangguan sistem pencernaan, seperti  gangguan lambung sangat umum dialami setiap orang.  Gangguan lambung mudah diketahui melalui gejala perut kembung karena produksi gas yang berlebihan di dalam perut. 

Di samping itu, orang dengan  gangguan lambung juga merasa tidak nyaman di area perut atas. Terkadang kenaikan asam lambung juga memicu sensasi heartburn di area dada. Gejala ini juga disertai rasa mual hingga muntah.

Timbulnya gejala di atas biasanya dipicu oleh beberapa hal, seperti pola makan yang tidak teratur, konsumsi makanan pemicu maag (makanan asam, pedas, berlemak, dan junkfood), konsumsi alkohol, maupun merokok.

Hampir semua orang mungkin pernah mengalaminya. Apalagi ketika dilanda tenggat pekerjaan, seseorang bisa mengalami gejala  gangguan lambung. Namun, gejala ini bisa diatasi dengan konsumsi obat herbal alami melalui minuman sederhana.

Berikut minuman yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan gejala  gangguan lambung.

1. Madu hangat

Rasa manis di balik secangkir madu hangat memang menenangkan. Pada dasarnya, madu memiliki sifat antiperadangan dan mendukung penyembuhan luka. Kedua manfaat ini berlaku untuk menenangkan gejala maag.

Saat asam lambung diproduksi berlebih, ada kemungkinan mengiritasi dan memicu peradangan dinding lambung. Asam lambung yang naik ke atas juga bisa mengiritasi dinding kerongkongan. Peradangan ini terjadi karena adanya hormon prostaglandin yang hadir ketika asam lambung meningkat.

Melalui sifat antiperadangan, madu dapat mencegah terjadinya peradangan akibat asam lambung. Madu menghambat hormon prostaglandin dan melapisi dinding lambung serta kerongkongan untuk mencegah peradangan. Manfaatnya ini bisa kamu dapatkan dengan menyeduh secangkir madu untuk meredam gejala maag yang mengganggu. 

2. Peppermint tea

Peppermint tea merupakan obat herbal alami yang dapat membantu mengurangi  gangguan lambung, yaitu suatu kondisi yang biasanya menimbulkan sakit perut akibat produksi gas berlebihan. Otot perut jadi kencang dan membuat rasa tidak nyaman.

Selain membuat napas menjadi segar, peppermint tea berkhasiat meredakan sakit perut yang disebabkan masalah sistem pencernaan. Peppermint atau daun mint dapat merilekskan tekanan atau otot yang tegang saat sakit perut.

Secangkir peppermint tea memberikan kelegaan bagi masalah sakit perut secara umum, termasuk pada maag. Efek terapeutik ini juga membantu meredam gejala mual pada  gangguan lambung. Jadi, tak ada salahnya mempertimbangkan konsumsi peppermint tea untuk  gangguan lambung.

3. Jahe merah hangat

Jahe merah hangat dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi gangguan pencernaan, salah satunya  gangguan lambung. Salah satu penyebab  gangguan lambung adalah bakteri H. pylori yang dapat mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. 

Berdasarkan Jurnal Ilmiah Farmasi, jahe merah bersifat antibakteri yang mampu melawan bakteri H. pylori penyebab  gangguan lambung. Di samping itu, sifat antiperadangan pada jahe merah bantu melindungi lambung dari peradangan. 

Sensasi pedas si jahe merah juga membantu mengatasi mual dan muntah ketika  gangguan lambung menyerang. Jahe merah bekerja dengan menghambat prostaglandin, hormon yang memicu peradangan akibat asam lambung naik. Dengan begitu, lambung dapat terlindungi secara optimal dan gejala maag pun mereda.

4. Teh akar manis

Sudah pernah coba teh akar manis? Minuman yang satu ini juga sering dijadikan obat herbal alami dalam menangani masalah sistem pencernaan. 

Akar manis atau bisa dikenal dengan licorice, dapat melapisi dinding lambung dengan memicu sekresi (produksi) mukus.  Sifat gastroprotektif (mampu melindungi lambung) ini mampu mencegah terjadinya peradangan dinding lambung.

Tak hanya itu saja, akar manis juga membantu pemulihan sel jaringan yang rusak dan mendukung pembentukan sel yang baru. Dengan begitu, teh akar manis memberikan perlindungan menyeluruh untuk memulihkan gejala  gangguan lambung yang mengganggu.

5. Teh chamomile 

Teh chamomile juga dapat menjadi alternatif obat herbal alami untuk menenangkan  gangguan lambung. Teh chamomile bermanfaat untuk meredakan gejala mual pada masalah kesehatan secara umum. 

Selain meredakan mual, secangkir teh chamomile yang hangat juga menetralkan rasa sakit perut akibat  gangguan lambung karena sifat antipasmodiknya. Antispasmodik merupakan golongan obat yang mampu merilekskan ketegangan otot. Maka itu, konsumsi teh chamomile bisa menjadi pilihan jika kamu mulai merasakan gejala awal maag.

Coba juga pilihan alternatif, obat herbal yang dapat diseduh 

Nah, selain beragam pilihan minuman di atas, kamu juga bisa mencari obat herbal dengan berbagai kandungan alami di dalamnya dan mampu atasi gangguan lambung. Promag Herbal bisa menjadi pilihan menarik karena mengandung delapan bahan alami yang aktif meredakan gejala awal  gangguan lambung. Promag Herbal mengandung kunyit, jahe merah, ananas, madu dan royal jelly, akar manis, adas, serta daun mint.

Delapan kandungan itu dapat membantu redakan gangguan lambung dan juga bisa mencegah gangguan lambung datang sebelum munculnya gejala. Obat maag alami ini hadir dalam sediaan cair saset yang dapat diminum langsung maupun diseduh dengan air dan teh hangat.

Promag Herbal dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan, sehingga bisa segera atasi gangguan lambung. Karena kemasannya praktis dan mudah dibawa ke mana pun, kamu bisa sedia obat herbal alami ini kapan saja, bila tiba-tiba gangguan lambung mulai datang.


Referensi:

staff, f. (2018). What Causes Indigestion (Dyspepsia)? - Symptoms | familydoctor.org. Retrieved 27 August 2020, from https://familydoctor.org/condition/indigestion-dyspepsia/

Mahantayya V. Math, Y. (2013). Honey - A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis. The Indian Journal Of Medical Research, 138(6), 1020. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3978955/

Gupta. (2010). Chamomile: A herbal medicine of the past with a bright future (Review). Molecular Medicine Reports, 3(6). doi: 10.3892/mmr.2010.377

Peppermint - an overview | ScienceDirect Topics. (2020). Retrieved 27 August 2020, from https://www.sciencedirect.com/topics/food-science/peppermint

Supu, Rini & Diantini, Ajeng & Levita, Jutti. (2019). RED GINGER (Zingiber officinale var. rubrum): ITS CHEMICAL CONSTITUENTS, PHARMACOLOGICAL ACTIVITIES AND SAFETY. FITOFARMAKA: Jurnal Ilmiah Farmasi. 8. 23-29. 10.33751/jf.v8i1.1168. 

Yeh, A., & Golianu, B. (2014). Integrative Treatment of Reflux and Functional Dyspepsia in Children. Children, 1(2), 119-133. doi: 10.3390/children1020119

Hatfield, G. (2004). Encyclopedia of folk medicine. Santa Barbara, Calif.: ABC-CLIO.

Green, J. Joey Green's magic health remedies.

De la Forêt, R. (2017). Alchemy of Herbs. Carlsbad: Hay House Publishing.

Zak, V. (1999). 20,000 secrets of tea. New York, N.Y.: Dell Pub.

Wright, J., & Lenard, L. (2001). Why stomach acid is good for you. Lanham, MD: M. Evans.

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Pantangan Makanan Sakit Maag, Mitos atau Fakta?

Ahlinya Lambung

Mengenal Manfaat Kandungan Ananas (Nanas) untuk Atasi Sakit Maag

Ahlinya Lambung

4 Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag yang Kambuh