pertolongan pertama pada sakit maag
Ahlinya Lambung

4 Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag yang Kambuh

25 September 2020 - 3 menit membaca

Gejala maag bisa datang kapan saja dan dimana saja sehingga dapat membuat kondisi tubuh merasa jadi tidak nyaman. Terkadang penyebab maag juga bisa dipicu oleh hal-hal yang tidak disadari sebelumnya. Seperti mengkonsumsi makanan yang pedas, terlampau masam, bersoda dan berbagai makanan yang bisa menyebabkan kerusakan pada lambung atau menjadi pemicu munculnya asam lambung.  Jika Anda dalam masalah ini, jangan panik dulu sebab ada 4 cara  mengatasi dan mengobati asam lambung dengan cepat yang akan diulas dalam artikel ini.

Bagi sebagian orang terutama yang baru mengalami gejala maag, yang dirasakan mungkin bisa membuat sedikit kepanikan karena tidak tahu apa yang harus dilakukan. Banyak faktor yang menjadi penyebab maag dan juga gejala yang muncul pun berbeda-beda pada setiap individu. Agar lebih mengenal maag dan cara meredakan gejalanya, berikut beberapa pertolongan pertama pada sakit maag yang muncul atau kambuh.

Gejala dan penyebab maag

Maag dikenal juga dengan istilah medis dispepsia atau indigestion. Berdasarkan American Academy of Family Physicians, dispepsia merupakan kondisi saat muncul nyeri atau rasa tidak nyaman di bagian atas area perut atau lambung.

Nyeri yang dirasakan mungkin datang dan pergi, tetapi seringkali sangat mengganggu. Anda juga cenderung akan merasa kekenyangan setelah makan atau bahkan tidak sanggup menghabiskan makanan.

Maag dapat dialami oleh semua orang di setiap kalangan usia. Untuk itu, mengatasi maag sepertinya sudah harus menjadi pengetahuan umum yang diketahui banyak orang.

Maag memang biasanya disertai dengan gejala nyeri di perut bagian atas, tapi juga bisa jadi gejala lainnya Anda rasakan, termasuk:

  • Perih yang menyakitkan di perut
  • Kembung
  • Mual
  • Muntah-muntah
  • Sering bersendawa

Maag muncul ketika asam dalam lambung melukai atau mengiritasi dinding pada bagian:

  • Esofagus
  • Lambung
  • Duodenum (usus 12 belas jari)

Pada sebagian besar kasus, maag disebabkan oleh asam lambung yang naik ke bagian esofagus. Namun, maag juga mungkin merupakan gejala dari sebuah kondisi medis yang Anda miliki.


Tanda serta penyebab munculnya gejala maag

Kebanyakan orang terkena gejala maag karena kebiasaan buruk sehari-hari dan pola makan yang tidak sehat. Sekalipun beberapa faktor kondisi kesehatan menjadi pemicu timbulnya gejala ini. Beberapa hal umum yang berkaitan dengan kebiasaan menjadi penyebab  maag timbul antara lain  :

  • Berat badan yang berlebih
  • Tidak mengunyah makanan dengan benar, terburu-buru menelan makanan sebelum benar-benar hancur
  • Makan mendekati jam tidur. Atau berbaring tidak lama setelah makan
  • Banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, berkafein dan bersoda
  • Lebih memilih makanan berlemak dibanding makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan
  • Kebiasaan merokok
  • Menggunakan pakaian ketat, terutama pada bagian perut
  • Mengkonsumsi obat NSAID seperti aspirin dan ibuprofen
  • Stress yang berkepanjangan dan kelelahan. Hal ini mempengaruhi lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung

Sebagian lagi merasakan gejala maag yang diakibatkan oleh penyakit atau perubahan pada tubuh seperti ketika kondisi hamil, menderita sakit diabetes dan gagal ginjal.


Pertolongan pertama pada sakit maag yang perlu Anda tahu

Gejala maag yang terjadi bisa diredam segera dengan beberapa cara. Segera lakukan cara mengatasi maag berikut untuk meringankan gejala dan mengembalikan Anda pada kondisi normal.

1. Mengonsumsi obat; cara yang paling umum karena dianggap cukup praktis untuk dilakukan adalah dengan minum obat. Namun bukan sembarangan obat, Anda perlu teliti memilih obat maag dan kandungan bahan-bahan di dalamnya, sesuai dengan kebutuhan. Obat yang dipilih harus mengandung antasida, kalsium karbonat dan magnesium. Kombinasi ketiganya mampu menurunkan refluks asam lambung dan magnesium dapat menyembuhkan maag.

Tidak sedikit orang yang memilih obat herbal sebagai cara mengatasi maag yang dialaminya. Alasannya karena bahan alami memiliki kecenderungan minim efek samping yang berbahaya. Atau bahkan tidak ada efek sampingnya sama sekali.

Jika memang sepemahaman bahwa herbal lebih aman untuk mengatasi maag, anda dapat memilih Promag Herbal.  Sebab kebaikan Promag herbal yang diolah dari berbagai bahan alami tidak hanya dapat mengatasi, tetapi juga mencegah maag kambuh kembali. Kandungan seperti madu, jahe merah, kunyit, serta beberapa herbal lainnya bekerja untuk melindungi Anda dari gangguan pada lambung. Promag Herbal dalam bentuk saset cair praktis dibawa kemana-mana dan bisa dikonsumsi langsung atau dengan air hangat.


2. Longgarkan pakaian, ketika terjadi gejala asam lambung naik akibat bagian perut tertekan. Hal ini diakibatkan asam lambung yang dihasilkan saat melakukan pencernaan terdorong ke atas karena lambung terkena tekanan karena ikat pinggang atau celana.


3. Berdiri tegak; postur tubuh yang salah juga menjadi salah satu faktor timbulnya heartburn. Ketika maag terjadi saat berbaring atau duduk, maka cobalah untuk berdiri dan kemudian tegakkan tubuh. Dengan begitu tekanan pada bagian sfingter esofagus bagian bawah (LES) dapat berkurang. 


4. Campuran baking soda dengan air; ini berguna untuk menetralkan asam lambung. Caranya dengan mencampur satu sendok teh baking soda ke dalam satu gelas air  yang kemudian diminum.


Jika kondisi mulai semakin membaik, merubah kebiasaan hidup dan pola makan yang tidak sehat menjadi faktor penting untuk menghindari kambuhnya gejala maag. Seperti quotes yang terkenal dan memasyarakat “mencegah lebih baik daripada mengobati” maka sebaiknya kita lakukan tindakan pencegahan. Hal yang dapat kita ubah adalah:


a. Segera berhenti mengonsumsi pemicu munculnya gejala maag

Umumnya segala jenis makanan yang lama diproses di pencernaan dapat mengakibatkan naiknya asam lambung. Hal ini berkaitan dengan lamanya waktu untuk pengosongan lambung. Makanan tersebut salah satunya makanan yang banyak mengandung lemak seperti makanan cepat saji

Tidak membiasakan diri untuk mengkonsumsi minuman berkafein dan beralkohol adalah pilihan yang bijak untuk mencegah maag kambuh. Hal ini disebabkan karena kafein dan alkohol dapat melemahkan kerja cincin otot antara lambung dan kerongkongan (sfingter esofagus bagian bawah)

Menghilangkan kebiasaan makan makanan dan minuman yang merangsang lambung memproduksi lebih banyak asam lambung. Seperti makanan pedas, asam dan minuman bersoda.


b. Makan dalam jumlah atau porsi kecil

Apabila Anda sebelumnya pernah mengalami maag, sebaiknya hindari untuk makan secara sekaligus dalam porsi besar. Lebih dianjurkan untuk makan mungkin sebanyak 4-5 kali dalam sehari tetapi dalam jumlah kecil.

Hindari juga untuk makan terlalu dekat dengan waktu tidur atau di malam hari. Tunggu 2 sampai 3 jam setelah makan sebelum Anda berbaring untuk mencegah asam lambung tidak mudah naik. Cara mengatasi maag ini termasuk dalam upaya memperbaiki kebiasaan untuk menjadi lebih baik.


c. Melakukan olahraga secara rutin dan teratur

Selain untuk menambah kebugaran tubuh, olahraga juga berguna untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Berat tubuh ideal adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah maag.


d. Hindari maag dengan mengelola stres

Setiap harinya, berbagai masalah dan kendala pasti selalu mewarnai kehidupan. Hal tersebut lah yang bisa menjadi penyebab stres.

Salah satu dampak dari stres adalah terganggunya saluran atau sistem pencernaan Anda, termasuk ketika Anda mengalami maag. Jenis stres seperti kekhawatiran dan depresi mungkin menjadi penyebab maag yang Anda alami.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk belajar mengontrol stres. Contoh dari metode yang dapat Anda lakukan seperti mengikuti terapi, melakukan meditasi, atau latihan pernapasan.


Maag dapat muncul secara tiba-tiba dan disertai gejala yang sangat mengganggu. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara untuk mengatasinya secara cepat dan tepat. Salah satunya adalah dengan selalu sedia obat maag seperti Promag Herbal.


Referensi:

1. American Family Physician. (2010). Dyspepsia: What It Is and What to Do About It. American Family Physician, 82(12), 1459. Retrieved from https://www.aafp.org/afp/2010/1215/p1459.html

2. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. (2016). Treatment of Indigestion | NIDDK. Retrieved August 28, 2020, from https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/indigestion-dyspepsia/treatment

3. Mayo Clinic. (2019). Indigestion - Diagnosis and treatment. Retrieved August 28, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/diagnosis-treatment/drc-20352215

4. Carey. Alea (2019). Healthline. How to Get Rid of Heartburn. Retrieved on 3 June 2021

https://www.healthline.com/health/gerd/heartburn-relief 

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Pantangan Makanan Sakit Maag, Mitos atau Fakta?

Ahlinya Lambung

Mengenal Manfaat Kandungan Ananas (Nanas) untuk Atasi Sakit Maag

Ahlinya Lambung

5 Minuman yang Bisa Menjadi Obat Herbal Alami Redakan Gangguan Lambung