Cara Mengatasi Maag Kambuh
Ahlinya Lambung

4 Cara Mengatasi Maag yang Kambuh Secara Alami

24 September 2020 - 3 menit membaca

Maag seringkali datang secara tiba-tiba disertai dengan berbagai macam gejala yang bisa sangat mengganggu. Anda pasti ingin segera mengatasi gangguan ini sekaligus mencegahnya agar tidak kembali kambuh di kemudian hari, bukan? Nah, berikut cara mengatasi maag kambuh secara alami yang perlu Anda ketahui.

Mengatasi maag yang sering kambuh secara alami

Maag termasuk gangguan kesehatan yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Gejala dari maag seringkali sangat mengganggu, beberapa di antaranya termasuk kembung, nyeri, hingga rasa panas di bagian perut.

Oleh karena itu, simak cara alami ini untuk mencegah maag agar tidak sering kambuh.

Mengatur dan lebih memperhatikan pola makan

Langkah untuk mengatasi sekaligus mencegah maag ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, tetapi sebagian besar orang masih mengabaikannya.

  • Menghindari makanan dan minuman penyebab maag, seperti makanan cepat saji, berlemak, berminyak, dan yang terlalu pedas.

  • Mengatur jadwal makan menjadi 5 kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan 3 kali sehari dengan porsi besar

  • Mengurangi atau menghentikan konsumsi kafein dan alkohol

  • Menghindari obat-obatan tertentu seperti obat penghilang rasa sakit

Di sisi lain, Anda perlu memperbanyak konsumsi sumber makanan yang bermanfaat yang dapat melindungi lambung dari maag. Beberapa sumber makanan yang dimaksud seperti madu, makanan yang mengandung probiotik dan tinggi serat, pisang, dan jahe merah.

Memperbaiki kebiasaan dan gaya hidup

Untuk mengatasi maag yang kambuh sekaligus sebagai tindakan pencegahan, Anda dapat secara alami melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup dan kebiasaan setiap hari. Mengatur pola makan masih termasuk ke dalam poin ini. Selain itu, terdapat beberapa hal yang juga perlu Anda perbaiki, misalnya:

  • Jangan langsung berbaring atau tidur, setidaknya tunggu 2 jam setelah makan

  • Posisikan kepala lebih tinggi ketika tidur untuk mencegah naiknya cairan dalam lambung

  • Berhenti merokok karena kebiasaan ini dapat meningkatkan asam lambung dan menurunkan fungsi organ yang berguna untuk menahan cairan naik kembali

Mengontrol dan menjauhkan diri dari stres

Salah satu cara alami mengatasi dan mencegah maag ini mungkin bukan hal yang mudah. Akan tetapi, stres dan kecemasan atau kegelisahan merupakan penyebab maag yang cukup umum ditemukan.

Oleh karena itu, upaya dalam mengurangi stres yang diakibatkan berbagai aspek kehidupan perlu dilakukan. Dilansir dari Helpguide.org, terdapat beberapa tips untuk mengurangi tingkat stres, yaitu:

  • Ketahui penyebab stres dan berusaha untuk lebih menerima keadaan atau kondisi

  • Belajar untuk berkata 'tidak' atau menolak permintaan orang lain demi kenyamanan diri sendiri

  • Menghindari orang yang menyebabkan stres

  • Lebih ekspresif dalam mengutarakan perasaan

  • Mengatur jadwal dengan lebih baik

  • Tidak perlu mengontrol semua hal dalam hidup

  • Belajar untuk memaafkan

Selain itu, stres juga dapat dikurangi dengan gaya hidup aktif. Dengan kata lain, Anda dianjurkan untuk rutin berolahraga yang dapat mendorong tubuh melepas hormon kebahagiaan (endorfin).

Manfaatkan tanaman herbal untuk atasi dan cegah maag

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pola dan asupan makanan penting dalam mencegah maag agar tidak kambuh lagi. Selain menghindari makanan pemicu maag, Anda dapat mencari tahu apa saja bahan makanan yang baik dan bermanfaat bagi kondisi Anda.

Beberapa bahan makanan alami yang baik untuk lambung adalah:

  • Madu dan royal jelly

  • Kunyit

  • Jahe merah

  • Daun mint

  • Akar manis

  • Ananas

  • Adas

Cara paling mudah untuk mengolah beberapa sumber alami tersebut adalah dengan cara dibuat menjadi teh atau menjadi salah satu bahan dalam hidangan makan.

Selain itu, terdapat cara lain yang lebih praktis untuk dapatkan semua manfaat dari berbagai bahan alami tersebut sekaligus. Anda dapat mengonsumsi Promag Herbal untuk cegah maag lebih cepat dan praktis. Berbeda dengan obat maag biasa, komposisi kandungan alami di dalam Promag Herbal membuatnya dapat diminum tanpa harus menunggu gejala maag muncul. Kombinasi beberapa herbal tersebut saling bekerjasama untuk menjaga kesehatan lambung dan mengatasi gangguan saluran pencernaan lainnya. 

 

Kesimpulannya, cara alami untuk mengatasi maag yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah dengan mengubah gaya hidup dan kebiasaan sehari-sehari. Setelah itu, Anda dapat mengikutinya dengan langkah pencegahan lain seperti menjauhkan diri dari stres dan mengonsumsi berbagai bahan alami yang baik dan tergolong aman untuk mencegah gangguan pada lambung ini.



Referensi:

Mayo Clinic. (2019). Indigestion - Diagnosis and treatment. Retrieved August 14, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/indigestion/diagnosis-treatment/drc-20352215

NYU Langone Hospitals. (n.d.). Lifestyle Changes for Gastroesophageal Reflux Disease. Retrieved August 14, 2020, from https://nyulangone.org/conditions/gastroesophageal-reflux-disease-in-adults/treatments/lifestyle-changes-for-gastroesophageal-reflux-disease

Franciscan Health. (2018). Home Remedies for Heartburn and Acid Reflux. Retrieved August 14, 2020, from https://www.franciscanhealth.org/news-and-events/news/home-remedies-heartburn-and-when-you-need-doctor

John Hopkins Medicine. (n.d.). GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn). Retrieved August 14, 2020, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/gerd-diet-foods-that-help-with-acid-reflux-heartburn

HelpGuide.org. (2019, January 4). Stress Management. Retrieved August 14, 2020, from https://www.helpguide.org/articles/stress/stress-management.htm

UCLA Oppenheimer Center for Neurobiology of Stress and Resilience. (n.d.). Dyspepsia. Retrieved August 14, 2020, from http://uclacns.org/patients/disease-information/386-2/

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

4 Pertolongan Pertama Pada Sakit Maag yang Kambuh